Ilustrasi patty burger.
Ilustrasi patty burger. ( wikimedia/PDPhoto.org)

Kurang Nikmat, Berikut 2 Sebab Patty Burger Kering Tidak Juicy

8 Juni 2023 08:01 WIB

SonoraBangka.id - Patty bisa dibilang memiliki peran besar dalam menentukan kelezatan hamburger. Olahan daging cincang ini terasa nikmat bila empuk dan juicy. Belum lagi rasanya yang gurih. Namun, salah membuat patty burger bisa membuat teksturnya kering sehingga tidak terasa juicy saat dimakan. Ada dua penyebab patty burger kering dan tidak juicy, seperti disampaikan Adi Purwoko, koki sekaligus founder 2080 Burger berikut ini. 

1. Pakai semua daging tanpa lemak

Patty burger memang dibuat dari daging cincang, tetapi tidak 100 persen. Membutuhkan sebagian lemak untuk membuatnya juicy. Perbandingan daging dan lemak untuk membuat patty burger umumnya berkisar 80 daging dengan 20 lemak. "Harus ada lemak untuk menjaga kelembapan daging. Sekalipun ada yang minta kematangan daging welldone, tetap bisa moist karena lemaknya mengemasi bagian yang termasak," jelas Adi.

2. Terlalu lama dimasak 

Memasak patty burger tidak boleh menggunakan suhu tinggi, apalagi dengan durasi terlalu lama. Patty burger sebaiknya dimasak menggunakan suhu api sedang untuk menjaga kematangan dan kelembapannya. Durasi memasak patty burger hingga 10 menit juga bisa membuat olahan daging ini kering saat dimakan. "Misalnya dengan ketebalan standar sekitar 1,5 sentimeter, dalam waktu 10 menit itu sudah overcooked," tutur Adi saat ditemui Kompas.com di 2080 Burger Beach City Ancol Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Penyebab Patty Burger Kering dan Tidak Juicy, Kurang Nikmat Dimakan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/07/202800775/2-penyebab-patty-burger-kering-dan-tidak-juicy-kurang-nikmat-dimakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm