Ilustrasi burger atau hamburger.
Ilustrasi burger atau hamburger. ( SHUTTERSTOCK/Timolina)

Apakah Burger Bisa Dihangatkan? Yuk Simak penjelasannya

11 Juni 2023 16:05 WIB

SonoraBangka.id - Sejumlah makanan paling baik dikonsumsi tidak lama setelah matang, termasuk burger atau hamburger. Menurut koki sekaligus founder 2080 Burger, Adi Purwoko, burger maksimum dikonsumsi dua jam setelah matang. "Harus segera dimakan karena di dalamnya ada kandungan dairy dan protein, kalau tidak cepat dikonsumsi bisa basi," tutur Adi saat ditemui Kompas.com di 2080 Burger Beach City Ancol Jakarta.

Burger disebut akan basi dalam waktu tiga hingga enam jam, tergantung dengan jenis burgernya. Itu sebabnya, ia menyarankan untuk menyantap burger dine in alias makan di tempat daripada membungkusnya. Burger boleh saja dibawa pulang selama kemasannya sudah memenuhi standar agar cita rasanya tidak berubah. "Kemasannya harus bisa menjaga kelembapan, bersih, dan jarak delivery-nya tidak begitu jauh, tidak sampai 30 menit," jelasnya.

Seharusnya, burger pun tidak perlu dihangatkan karena akan disantap paling lama dua jam setelah matang. Meski demikian, Adi tidak menampik bila ada saja yang ingin menghangatkan burger agar setiap lapisannya kembali lembut dan tidak kering. Jadi, ia mengatakan, burger boleh dihangatkan setelah dua jam untuk mendapatkan kehangatan dan juicy dagingnya. Oven, air fryer, dan microwave bisa dijadikan media untuk menghangatkan burger.

Cara menghangatkan burger di oven cukup dua hingga tiga menit dengan suhu rendah. Hal ini bisa jadi membuat sayur menjadi lembek atau justru garing. Bila ingin menghangatkan butger di air fryer dan microwave, kamu bisa menggunakan suhu 70-90 derajat celsius selama satu menit. Khusus microwave, pastikan untuk memakai wadah tahan panas sebagai alas burger selama dihangatkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Burger Bisa Dihangatkan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/09/150700675/apakah-burger-bisa-dihangatkan-?page=all#page3.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm