Ilustrasi lampu merah.(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi lampu merah.(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

Tuas Transmisi Tetap di D Saat Mobil Berhenti, Membuat Boros BBM?

11 Juni 2023 20:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kebiasaan pengemudi tidak memindahkan tuas matik ketika sedang berhenti di lampu merah atau kemacetan sempat diperdebatkan dapat membuat komponen dalam transmisi matik cepat rusak.

Berhenti dengan posisi tuas matik tetap di D juga dianggap dapat membuat boros BBM karena kendaraan dianggap masih dalam kondisi terbebani oleh pengereman dan pertautan kopling.

Kondisi tersebut sama halnya membuat mobil terus berupaya berjalan namun laju kendaraan ditahan oleh rem. Lantas, apakah itu akan membuat boros BBM?

Hermas Prabowo, pemilik Worner Matic , bengkel spesialis mobil matik mengatakan, hal itu cuma berpengaruh pada mobil tua. Sedangkan untuk mobil keluaran setelah tahun 2000 tidak akan membuat BBM lebih boros.

“Kalau model lama yang diproduksi sebelum tahun 2000, kondisi tersebut bisa bikin boros BBM, tapi matik yang baru sudah tidak berlaku” ucap Hermas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Hermas mengatakan, transmisi mobil zaman sekarang sudah mendapat pembaruan sehingga tidak ada pengaruh dengan konsumsi BBM.

Sistem transmisi yang digunakan mobil keluarkan di atas tahun 2000 sudah canggih dan ada sistem pelepasan atau release.

Ketika mobil berhenti dengan tuas transmisi masih di posisi D, kopling pada gearbox otomatis akan terlepas sehingga tidak ada daya yang tertahan. Kondisi ini seperti mobil manual dengan tuas transmisi masih masuk gigi tapi pedal kopling diinjak.

Beda dengan transmisi model jadul yang belum dilengkapi sistem release atau kopling sehingga ada daya yang tertahan jika posisi tuas tidak netral.

Walau tidak ada pengaruh dengan konsumsi BBM, Hermas menyarankan kebiasaan itu sebaiknya ditinggalkan karena tuas transmisi di posisi D berpengaruh pada keselamatan.

“Hanya saja kurang tepat karena alasan keselamatan. Ditakutkan pengemudi lupa dan mengangkat tekanan pada pedal rem dan mobil bergulir tanpa disadari karena masih di posisi D,” ujar Hermas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tuas Transmisi Tetap di D Saat Mobil Berhenti, Bikin Boros BBM?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/11/172100415/tuas-transmisi-tetap-di-d-saat-mobil-berhenti-bikin-boros-bbm-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm