Ilustrasi hipertensi(Shutterstock/Sharif Pavlov)
Ilustrasi hipertensi(Shutterstock/Sharif Pavlov) ( KOMPAS.COM)

8 Pola Menerapkan Hidup Sehat untuk Cegah Hipertensi

12 Juni 2023 21:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari batas normalnya, yakni 120/80 mmHg.

Penyakit yang disebut dengan silent killer ini banyak diderita terutama oleh orang dewasa dan lansia.

Disebut dengan silent killer karena hipertensi tidak menimbulkan gejala sehingga kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit ini.

Gejala baru muncul ketika sudah parah atau menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Hipertensi dapat diketahui sebelum muncul gejala dengan tes tekanan darah tinggi di fasilitas layanan kesehatan atau menggunakan alat yang bisa didapatkan dan disimpan di rumah.

Sebelum parah atau muncul komplikasi penyakit lain, alangkah baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah hipertensi.

Lantas, apa saja pola hidup sehat untuk mencegah hipertensi?

8 pola hidup sehat untuk cegah hipertensi

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mencegah hipertensi.

1. Batasi konsumsi garam

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm