Harga minyak mentah dunia.
Harga minyak mentah dunia. ( KOMPAS.com)

Harga Minyak Dunia Naik 3 Persen, Didorong Prospek Pemintaan yang Kuat

16 Juni 2023 14:47 WIB

SonoraBangka.ID - Harga minyak mentah dunia naik sekitar 3 persen pada akhir perdagangan Kamis (15/6/2023) waktu setempat atau Jumat pagi WIB, setelah pada perdagangan hari sebelumnya turun sekitar 1,5 persen.

Kenaikan harga minyak didorong prospek permintaan yang menguat seiring meningkatnya jumlah kilang yang beroperasi di China. Selain itu, turut ditopang pelemahan dollar AS.

Mengutip CNBC, harga minyak mentah Brent naik 3,4 persen atau 2,47 dollar AS menjadi sebesar 75,67 dollar AS per barrel. Begitu pula dengan harga minyak mentah Intermediate West Texas Intermediate (WTI) AS naik 3,4 persen atau 2,35 dollar AS menjadi sebesar 70,62 dollar AS per barrel.

Biro Statistik Nasional China melaporkan, tingkat pengolahan (troughput) kilang minyak mentah China pada Mei 2023 melonjak 15,4 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu, yang sekaligus mencapai rekor tertinggi kedua.

Kuwait Petroleum Corp pun memproyeksi, permintaan minyak oleh China, yang merupakan importir minyak mentah terbesar di dunia, akan terus meningkat sepanjang paruh kedua tahun ini.

"Jumlah kilang China mendorong reli harga minyak," ujar Analis Price Futures Group, Phil Flynn.

Di sisi lain, Flynn menilai kondisi makro yang dipengaruhi jeda kenaikan suku bunga bank sentral AS telah melemahkan dollar AS. Kondisi ini turut berdampak pada pergerakan harga minyak mentah.

Pelemahan nilai dollar AS membuat harga minyak menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga mendorong permintaan dan mengerek harga.

Pasar minyak juga mendapat dukungan dari laporan penjualan ritel Amerika Serikat (AS) yang secara tak terduga naik pada Mei 2023 sebesar 0,3 persen (month to month/mtm). Jauh di atas ekspektasi analis bahwa akan turun 0,1 persen (mtm).

Data tersebut menjadi sentimen positif bagi perekonomian AS sehingga dapat membantu mencegah risiko resesi dalam waktu dekat, dan mendorong permintaan minyak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Minyak Dunia Naik 3 Persen, Didorong Prospek Pemintaan yang Kuat", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/16/093503426/harga-minyak-dunia-naik-3-persen-didorong-prospek-pemintaan-yang-kuat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm