( Humas DPRD Babel)

Wakil Ketua DPRD Babel Kunjungi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek RI

21 Juni 2023 08:33 WIB
 
SONORABANGKA.ID - Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel), Beliadi didampingi Ferdiansyah Anggota Komisi IV DPRD Babel melakukan koordinasi dan konsultasi terkait program beasiswa oleh pemerintah kepada masyarakat ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, di Gedung C, Lantai 13, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Jum'at (16/6/2023).
 
"Pentingnya Pendidikan bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat Bangka Belitung pasca tambang yang berimbas dalam penurunan perekonomian masyarakat serta untuk membantu masyarakat Bangka Belitung yang berprestasi maka Pemerintah Daerah khususnya kami DPRD sebagai Wakil Rakyat melakukan jemput bola kesini untuk mendapat informasi guna disampaikan kepada masyarakat bagaimana dan langkah-langkah untuk mendapatkan Beasiswa dari Pemerintah Pusat sehingga dapat memberikan kemudahan dan meringankan biaya masyarakat". ujar Beliadi.
 
Anton Rahmadi dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menyambut baik kehadiran Wakil Ketua DPRD serta menyampaikan beberapa program beasiswa bagi masyarakat baik beasiswa keluar negeri maupun didalam negeri untuk Perguruan Tinggi mulai jenjang S1 sampai dengan S3.
 
"Untuk dalam negeri sendiri kami punya Program KIP Kuliah yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi namun memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi melalui program D3 dan S1," ungkapnya.
 
Selain program KIP Kuliah juga terdapat Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA/SMK bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk dari Bangka Belitung.
 
Dijelaskannya bahwa untuk Bangka Belitung sendiri berdasarkan data penerima PIP tahun 2022 mendapat bantuan sebesar Rp. 30.857.400.000,- untuk 56.772 pelajar tetapi yang terserap hanya sebesar Rp. 24.401.857.000,- hanya sebanyak 45.336 pelajar sehingga terdapat kehilangan bantuan sebesar Rp. 6.455.343.000,- atau sebanyak 11.436 pelajar.
 
Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD menyanyangkan sekali tidak terealisasinya Beasiswa bagi pelajar Bangka Belitung dengan nilai Rp. 6.455.343.000,- dan mempertanyakan kendala dan hambatan sehingga terjadi hal tersebut.
 
"Sangat disayangkan anggaran yang begitu besar tidak dapat kita maksimalkan, nanti kami (DPRD) akan segera tindak lanjuti ini bersama dinas pendidikan," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm