Ilustrasi carabikang.
Ilustrasi carabikang. ( DOK.SHUTTERSTOCK/syamhari photography)

Jajanan Tradisional Bisa Buat Jualan, Berikut 5 Resep Carabikang Mekar

21 Juni 2023 14:38 WIB

SonoraBangka.id -  Carabikang mekar merekah adalah idaman banyak orang. Jajanan tradisional yang dimatangkan dengan cara dicetak dengan cetakan tembaga khusus ini, sebetulnya mudah dibuat. Hanya saja, untuk bisa membuat carabikang seperti bunga yang mekar dengan lapisan kulit yang renyah dan manis di bagian luar, perlu trik khusus. Ikuti kumpulan resep carabikang mekar dengan bahan sederhana untuk ide jualan di rumah.

1. Resep kue carabikang mekar

Carabikang merupakan kue dari tepung beras khas Jawa Tengah yang memiliki tampilan yang mekar merekah dan berwarna-warni. Kamu bisa membuatnya dengan bahan seeprti tepung beras, santan, gula, dan pewarna makanan

2. Resep kue carabikang empuk

Kamu bisa membuat carabikang dari lima bahan saja. Di antaranya, ada tepung beras, air, gula, santan, dan garam.

3. Resep carabikang cokelat

Ada penggunaan pasta cokelat untuk mewarnai atau memberikan cita rasa enak pada kue tradisional yang satu ini. 

4. Resep carabikang pandan mekar

Selain bisa menggunakan pasta cokelat, kamu bisa menggunakan daun pandan untuk memaksimalkan rasa dan aroma. Ada tips membuat carabikang agar merekah yaitu dengan mencungkil bagian bawah dan tengah kue kemudian tahan hingga merekah. 

5. Resep carabikang berpori

Kamu bisa menggunakan campuran tepung beras, terigu, dan telur untuk membuat carabikang berserat atau berpori. Sebelum dipanggang, aduk adonan carabikang dengan cara dipukul-pukul. Diamkan dan tuang adonan di cetakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Resep Carabikang Mekar Merekah, Jajanan Tradisional untuk Jualan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/21/101300075/5-resep-carabikang-mekar-merekah-jajanan-tradisional-untuk-jualan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm