SonoraBangka.id - Online marketing menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis kecil.
Ya, memiliki bisnis kecil memiliki tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis.
Dalam mengembangkan bisnis kecil tentunya diperlukan strategi marketing yang ampuh.
Nah supaya bisnis kamu lebih optimal, strategi online marketing ini bisa kamu coba tanpa mengeluarkan biaya banyak.
Walau terlihat sederhana, strategi ini bisa memberikan dampak untuk bisnis kamu.
Melansir dari Wordstream, berikut strategi online marketing yang bisa kamu coba.
1. Menggunakan teknik SEO lokal
Search Engine Optimization (SEO) memungkinkan produk kamu ditemukan oleh calon pelanggan dengan keyword tertentu.
Kamu dapat menggunakan teknik SEO dengan menambahkan keyword berbasis lokasi, misalnya 'Catering Sehat Jaksel' ke judul, heading, dan konten isi halaman situs web bisnis kamu.
Pastikan informasi bisnis dan produk kamu identik di seluruh platform yang kamu gunakan ya.
Kalau bisnis kamu belum memiliki website, kamu bisa menggunakan keyword SEO di media sosial yang kamu gunakan.
2. Mengembangkan email marketing
Email marketing merupakan cara bagu untuk membuat calon pelanggan atau menjaga hubungan dengan pelanggan terlibat dengan bisnis kamu.
Walau email marketing bukanlah hal baru, cara ini bisa ampuh untuk investasi pemasaran bisnis yang kamu kembangkan.
Untuk membuat email marketing, pastikan untuk menggunakan kretaivitas dan penawaran yang mendorong pembaca mengambil langkah selanjutnya.
Teruslah mencoba dan melakukan pengujian untuk melihat apakah penawaran email yang kamu lakukan sesuai.
3. Membuat infografis yang kaya data
Infografis merupakan cara yang ampuh untuk pemasaran.
Sebab, infografis menarik secara visual, mudah dicerna, dan orang-orang senang membagikannya.
Kamu bisa mempekerjakan designer untuk membuat infografis menarik terkait produk bisnis yang kamu tawarkan.
Selain itu, kamu juga bisa membuat infografis mengenai informasi penting yang tidak harus selalu mengenai produk.
Pastikan data yang kamu gunakan berasal dari sumber resmi yang terkait dengan industri minat pelanggan kamu.
4. Manfaatkan media sosial
Memanfaatkan media sosial merupakan cara efektif untuk mengembangkan bisnis kecil kamu.
Buat akun bisnis yang saling terhubung seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, Youtube, dan lainnya.
Jika bisnis kamu memiliki website, pkamu mempromosikan postingan website melalui media sosial yang telah dibuat sebelumnya.
Selain itu, buatlah postingan secara konsisten di media sosial dan gunakan semua fitur media sosial yang ada.
Kamu juga bisa menjadwalkan ide konten untuk media sosial agar memudahkan produk bisnis kamu dikenal audiens.
5. Menandai (tag) pelanggan di media sosial
Menandai pelanggan setia dan mitra terkait di media sosial dapat memperluas jangkauan organik bisnis ke calon pelanggan baru yang potensial.
Cara ini berpotensi menjangkau lebih banyak klien.
Tak hanya itu, kamu bisa mendorong followers untuk menandai media sosial atau lokasi bisnis kamu di postingan mereka untuk menunjukkan produk yang mereka beli.
Selain menandai pelanggan atau sebaliknya, kamu bisa menggunakan hashtag ke dalam postingan media sosial untuk memperluas jangkauan.
Jadi, itulah dia lima strategi marketing untuk mengembangkan bisnis kecil.
Semoga tips ini bisa membantu, ya.
Artikel ini telah terbit di https://www.parapuan.co/read/532906372/5-strategi-online-marketing-untuk-bisnis-kecil-salah-satunya-seo?page=all