Ilustrasi bengkel motor yang menyediakan berbagai jenis ban motor(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi bengkel motor yang menyediakan berbagai jenis ban motor(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Ban Tubeless yang Memakai Ban Dalam Bisa Bikin Berkendara Lebih Nyaman?

24 Juni 2023 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban motor yang ada sekarang kebanyakan sudah memakai model tubeless. Bahkan dari pabrikan, hampir semua unit baru sudah pakai ban tubeless.

Ketika mau ganti ban motor dengan yang baru, ada anggapan jika ban tubeless tetap memakai ban dalam bisa membuat rasa berkendaranya semakin nyaman. Dibilang jika melewati lubang atau polisi tidur, jadi lebih empuk.

Lalu, apakah anggapan tersebut benar?

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire mengatakan, anggapan tadi hanya sugesti saja.

"Memang ada yang begitu (pakai ban tubeless dan ban dalam) terutama yang pelek motor jari-jari. Lebih lentur, ngiket, sebenarnya enggak juga, padahal kan pelek statis bentuknya, enggak berubah," kata Dodiyanto kepada Kompas.com, Sabtu (24/6/2023).

Selain itu, kalau misal beli ban baru dan pakai ban dalam, sebenarnya pemilik juga rugi. Mengingat harga ban tubeless lebih mahal dari tubetype, jadi harus siapkan uang lebih banyak.

Dodiyanto pun menjelaskan, fenomena ban dalam dan tubeless ini banyak dipakai saat balapan. Kalau di balap, ada mitos kalau pakai ban dalam, posisi ban lebih gigit, tidak bergeser.

"Sedangkan kalau hard braking, ban (tubeless) bisa geser sedikit. Pakai ban dalam lebih tahan, juga menurut mereka lebih lentur, cuma itu bisa mitos atau sugesti," kata Dodiyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ban Tubeless yang Pakai Ban Dalam Bisa Bikin Berkendara Lebih Nyaman?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/24/140200715/ban-tubeless-yang-pakai-ban-dalam-bisa-bikin-berkendara-lebih-nyaman-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm