Ban dalam sepeda motor(Foto: Wartakota-Tribunenews.com)
Ban dalam sepeda motor(Foto: Wartakota-Tribunenews.com) ( KOMPAS.COM)

Ban Dalam Motor Ternyata Masih Ada Yang Cari, Kerap Jadi Akal-akalan

24 Juni 2023 20:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kebanyakan motor baru yang ada di pasaran sudah memakai ban tubeless. Tapi, uniknya, penjualan ban dalam masih baik sampai sekarang, tidak terpengaruh adanya ban tubeless.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, belum lama ini melakukan survei ke bengkel ban pinggir jalan sekitar Jabodetabek karena ini fenomena yang cukup aneh.

Jika kondisi normal, semakin banyak ban motor yang tubeless, tentu lama-lama penjualan ban dalam jadi berkurang.

"Saya survei ke 30-40 toko yang jualan ban dalam, ada beberapa fenomena. Kenapa orang pakai ban dalam ada beberapa faktor, ada yang pakai tubeless, terus pakai ban dalam lagi," ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Sabtu (24/6/2023).

Faktor pertama, masih ada pengguna motor dengan pelek jari-jari yang mau memakai ban tubeless. Pilihan ban tubeless memiliki tampilan alur yang lebih menarik, tetapi karena pelek jari-jari, makanya perlu pakai ban dalam.

"Kedua, kita sering bocor ban, ditambal, sehingga di bibir pelek sering lecet. Dari lecet itu akhirnya keluar angin dikit-dikit, seminggu kempis, dua minggu kempis, sedangkan itu pelek tubeless, makanya diakali pakai ban dalam," ucapnya.

Ketiga, ada juga pengendara motor yang baru beli ban tetapi apes, sudah kena paku beberapa kali. Mengingat bannyak masih bagus, alurnya masih dalam, maka jika masih mau dipakai harus dipasang ban dalam.

"Ini banyak sekali ditemukan, karena di wilayah Jakarta ada juga yang banyak ranjau (paku), jadi sering kena pecah ban," kata Dodiyanto.

Terakhir, pemakaian ban dalam biasa diakali bagi pengguna ban tubeless yang sudah tipis. Jadi, ada tambahan ban di dalam, membuatnya bisa dipakai untuk beberapa lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ban Dalam Motor Ternyata Masih Dicari, Kerap Jadi Akal-akalan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/24/154200715/ban-dalam-motor-ternyata-masih-dicari-kerap-jadi-akal-akalan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm