lustrasi nasi uduk.
lustrasi nasi uduk. ( shutterstock/Fashley)

Sekilas Terlihat Mirip, Berikut Beda Nasi uduk Dan Nasi Lemak Malaysia

25 Juni 2023 14:55 WIB

SonoraBangka.id -  Nasi uduk populer di Indonesia. Biasa disantap pada waktu sarapan atau malam hari. Mirip dengan nasi uduk, ada nasi lemak yang juga populer di negara tetangga, yakni Malaysia. Keduanya sama-sama dibuat menggunakan santan, lalu disajikan dengan ragam lauk pelengkap. Namun, lauk pelengkap nasi uduk masih lebih banyak daripada nasi lemak.

Menurut Edmund Ng, Regional Executive Chef Flight Club (S.E.A), nasi lemak malaysia terdiri dari nasi, kacang, ikan teri, dan sambal khasnya. Sementara itu, nasi uduk biasa disajikan dengan tempe orek, telur dadar, perkedel, sambal, dan kerupuk.

Edmund mengatakan bahwa sambal menjadi bagian penting dalam nasi lemak. Komponen ini membantu menyeimbangkan rasa asin dari ikan teri.  "Sambalnya dibuat dari cabai kering dan dicampur dengan bumbu. Durasi masaknya cukup lama," kata Edmund dalam acara Exclusive Media Trip di Flight Club Bali, Rabu (21/6/2023).

Cara menyantap nasi lemak juga harus dicampur. Alasannya masih sama, menyeimbangkan satu komponen dengan lainnya. Jadi, tak heran bila nasi lemak dikenal juga dengan nasi campur. Jelas berbeda dengan nasi uduk di Indonesia. Tak banyak yang mencampur nasi dan lauk menjadi satu saat menikmati makanan ini. Nasi biasanya akan diambil terlebih dulu, lalu ditambah potongan lauk yang diinginkan, tergantung selera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Nasi Uduk dan Nasi Lemak Malaysia yang Sekilas Terlihat Mirip", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/24/180700575/beda-nasi-uduk-dan-nasi-lemak-malaysia-yang-sekilas-terlihat-mirip.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm