Ilustrasi menguap
Ilustrasi menguap ( (Yahoolife))

Alasan-Alasan Mengapa Kita Menguap, Bukan Hanya Karena Bosan

27 Juni 2023 11:02 WIB

SonoraBangka.ID - Saya yakin semua manusia pernah menguap. Namun banyak juga yang tidak menyadari alasan-alasan mengapa kita menguap. 

Menguap dapat diartikan sebagai refleks yang terjadi pada wajah dengan membuka mulut lebar-lebar sambil menghirup oksigen dalam jumlah banyak.

Aktivitas yang satu ini biasanya diikuti dengan jeda singkat, pelepasan ketegangan otot yang cepat dan pernapasan.

Menguap sering diasosiasikan dengan rasa kantuk atau lelah namun juga dikaitkan karena seseorang merasa bosan.

Tidak heran banyak adegan TV atau film yang menampilkan seseorang menguap ketika mendengarkan atau terlibat dalam obrolan yang membosankan.

Tapi apa benar menguap ini bisa terjadi karena seseorang merasa bosan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Alasan menguap saat merasa bosan

Karen D. Sullivan, Ph.D, seorang ahli saraf berlisensi dari North Carolina menyatakan pemahaman jika menguap disebabkan oleh kebosanan merupakan fakta yang keliru.

Tidak ada satu penelitian pun yang menyebut kalau rasa bosan bisa memicu refleks tubuh kita untuk menguap.

"Keterkaitan kebosanan sebenarnya lebih berkaitan dengan efek kantuk, atau di saat kita tidak terlibat dengan sesuatu di lingkungan kita," katanya, seperti dilansir dari Yahoo News.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm