Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.)
Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.) ( KOMPAS.COM)

Kenali Pemicu Terjadinya Oil Sludge di Mesin Mobil

29 Juni 2023 19:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Buat pemilik mobil, perawatan secara berkala sangat perlu dilakukan untuk menjaga performa mesin serta menjaga usia pakai dari komponen.

Salah satu bentuk perawatan wajib adalah mengganti pelumas atau oli mesin secara berkala. Karena kalau tidak, maka akan ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi, contohnya oil sludge.

Buat yang belum paham, oil sludge merupakan gumpalan seperti lumpur oli yang terbentuk pada rongga-rongga mesin yang bila didiamkan dapat menjadi sumbatan bagi saluran oli di dalam mesin.

Akibat dari sirkulasi oli yang tersumbat tersebut, maka bisa memberikan efek fatal pada mesin yang membuat kerjanya tak optimal.    

Seperti mesin akan cepat panas, fungsi melindungi dari gesekan hilang sehingga dapat membuat komponen cepat jebol.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, yang ditakutkan ketika terjadi oil sludge adalah saluran oli tersumbat oleh kotoran tersebut.

"Bila diabaikan, oil sludge akan semakin parah, bisa saja lama-lama menutup saluran oli, dan itu bisa berakibat fatal pada komponen mesin," ujar Didi beberapa waktu lalu.

Lalu apa saja penyebab terjadinya oil sludge pada mesin mobil? menjawab hal ini, Auto2000 memberikan penjelasan yang setidaknya ada empat hal yang jadi pemicu lumpur oli, yakni ;

1. Sering berganti Merek

Kebiasaan mengganti merek oli bisa menjadi salah satu pemicu oil sludge. Pasalnya tiap pelumas sudah dibuat dengan formula yang menyesuaikan materi dan karakter mesin, termasuk dalam penggunaan zat aditif.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm