Ilustrasi nyamuk, salah satu hewan pengisap darah.(iStockphoto/Backiris)
Ilustrasi nyamuk, salah satu hewan pengisap darah.(iStockphoto/Backiris) ( KOMPAS.COM)

7 Hewan Yang Dikenal Pengisap Darah, Ada Nyamuk, Lintah, dan Kelelawar

2 Juli 2023 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketika berbicara mengenai hewan yang mengisap darah, hal pertama yang terlintas di pikiran banyak orang adalah nyamuk.

Sebenarnya ada beberapa spesies hewan lain yang mengincar cairan kaya protein ini. Aktivitas menghisap darah yang dilakukan oleh hewan dikenal sebagai hematophagy.

Darah mungkin tampak aneh untuk dikonsumsi, tapi tidak demikian bagi sebagian hewan.

Lantas, hewan mana saja yang dikenal suka mengisap darah? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Nyamuk

Hewan yang satu ini sudah sangat familiar dan sering Anda jumpai sehari-hari. Beberapa di antaranya dianggap sebagai salah satu hewan yang cukup mematikan di dunia.

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, diketahui hanya nyamuk betina yang meminum darah manusia, karena dibutuhkan untuk membuat telur.

Nyamuk bisa menjadi berbahaya karena dapat menularkan sejumlah penyakit serius, termasuk demam kuning, malaria, filariasis, dan demam berdarah.

2. Kutu

Hewan pengisap darah berikutnya adalah kutu, serangga yang tampaknya jinak tapi sebenarnya bisa sangat berbahaya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm