Ilustrasi Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.
Ilustrasi Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. ( KOMPAS.com)

Sejarah Hari Kemerdekaan, Amerika Serikat Memperingati Tiap Tanggal 4 Juli?

4 Juli 2023 15:12 WIB

SonoraBangka.ID - Setiap tanggal 4 Juli, Amerika Serikat merayakan Hari Kemerdekaan. "Fourth of July" adalah sebutan warga Amerika Serikat dan dunia sebagai hari kemerdekaan Negeri Paman Sam.

Setiap tahun, warga Amerika merayakan hari kemerdekaan dengan beragam tradisi, dari pesta kembang api, parade, hingga barbeku sambil menikmati cuaca musim panas.

Sebelum rutin merayakan hari kemerdekaan pada 4 Juli, Amerika Serikat melalui sejarah panjang. Perjalanan panjang itu kemudian membawa Amerika Serikat kepada hari perayaan kemerdekaan pertama pada 4 Juli 1977.

Dilansir dari laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, hari kemerdekaan Negeri Paman Sam kali pertama dirayakan di Philadelphia, Pennsylvania.

Kala itu, perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat ditandai dengan bunyi lonceng dan sorak-sorai orang bergembira.

Hari kemerdekaan pun mulai dirayakan di seluruh penjuru negeri sejak saat itu. Hari kemerdekaan Amerika Serikat dirayakan setiap 4 Juli karena pada hari itulah Deklarasi Kemerdekaan secara resmi diadopsi oleh Kongres Kontinental.

Kongres tersebut melahirkan dokumen bersejarah di mana koloni Amerika Serikat menyatakan kebebasan mereka dari pemerintahan Britania Raya. Sebelum itu, gesekan antara koloni Amerika dan Britania Raya terjadi selama lebih dari 10 tahun

Lalu, terjadilah peristiwa yang disebut-sebut menjadi tonggak kemerdekaan Amerika Serikat, yakni Revolusi Amerika Serikat pada 1775.

Melalui Revolusi Amerika, AS mulai melawan dan keluar dari penjajahan Britania Raya. Setelah itu, pada Juni 1776, Kongres Kontinental Kedua mengadakan pertemuan di Philadelphia.

Dalam kongres tersebut, Richard Henry Lee dari Virginia memperkenalkan resolusi yang menyatakan persatuan koloni. Penjelasan di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia tertulis, itu adalah kali pertama koloni disebut sebagai Amerika Serikat dalam sebuah dokumen resmi.

Pada 2 Juli 1776, Kongres menyetujui resolusi Lee lewat pemungutan suara yang kemudian memperkuat dasar kemerdekaan Amerika Serikat. Meski begitu, 4 Juli tetap diakui sebagai hari kemerdekaan karena penandatanganan deklarasi baru dilakukan pada tanggal tersebut.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, Kenapa Diperingati Tiap 4 Juli?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/04/131500565/sejarah-hari-kemerdekaan-amerika-serikat-kenapa-diperingati-tiap-4-juli-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm