Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Alasan Daihatsu Belum Mau Untuk Jual Mobil Elektrifikasi di Indonesia

8 Juli 2023 20:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki era elektrifikasi, sejumlah produsen otomotif menyajikan pilihan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari berteknologi hibrida hingga battery electric vehicle (BEV).

Tapi, berbeda dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang masih bertahan dengan jajaran model yang masih menggunakan mesin konvensional.

Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, mengatakan, pihaknya masih menunggu waktu yang tepat untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi di Tanah Air.

“Prinsip kita selalu melihat customer kita ada di mana, dan Daihatsu sendiri 80 persen customer-nya adalah first buyer,” ucap Agung, saat ditemui di Sunter, Jumat (7/7/2023).

“Jadi kita juga harus melihat kebutuhan customer, apakah sudah siap menggunakan hybrid atau electric vehicle (EV). Kita tidak ingin memaksakan,” lanjutnya.

Selain itu, Daihatsu melihat bahwa saat ini konsumen kendaraan elektrifikasi adalah mereka yang merupakan second buyer. Sehingga kalau berdasarkan market, belum waktunya untuk Daihatsu bermain di segmen kendaran elektrifikasi.

“Kalau kita lihat sekarang EV masih didominasi second buyer atau additional car bagi dirinya maupun keluarganya. Saya rasa karena second buyer memiliki kecukupan untuk infrastruktur serta value for money-nya juga masih cukup tinggi,” kata Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Daihatsu Belum Mau Jual Mobil Elektrifikasi di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/08/082200115/alasan-daihatsu-belum-mau-jual-mobil-elektrifikasi-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm