Bagasi motor listrik United TX3000(KOMPAS.com/ADITYO WISNU)
Bagasi motor listrik United TX3000(KOMPAS.com/ADITYO WISNU) ( KOMPAS.COM)

Jangan Pernah Simpan Perangkat Elektronik di Dalam Bagasi Motor, Bisa Terbakar

13 Juli 2023 19:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pengendara motor, ada anjuran yang sebaiknya diperhatikan. Menyimpan gawai elektronik apapun di dalam bagasi berpotensi memunculkan kebakaran.

Gawai elektronik yang dimaksud adalah semua perangkat yang menggunakan baterai, contohnya yakni ponsel, powerbank, tablet, dan sejenisnya.

Motor-motor lansiran terbaru memang dilengkapi fitur ruang bagasi yang lega dengan dimensi luas. Meski kelihatannya sangat praktis, pengendara sebaiknya selektif dalam memilih barang yang disimpan.

Ari Badrun, Technical Support Digimap Indonesia menjelaskan, ruang bagasi motor yang panas bisa memunculkan dua bahaya pada perangkat elektronik, yakni rusak baterai dan terbakar.

Menurutnya, gawai elektronik jenis smartphone sangat rawan rusak kalau terpapar suhu panas berlebih. Ari mengaku kerap menangani pengguna dengan kerusakan semacam ini.

“Bisa langsung ditebak kalau smartphone rusak karena kepanasan, soalnya elektroda BMS (battery management system) agak gosong. Kalau sudah seperti ini, baterai cepat drop dan sulit dicas,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Ari menambahkan, dirinya bisa langsung menebak jika menjumpai kerusakan semacam itu. Pengendara pasti kerap menyimpan ponsel di dalam bagasi motor.

“Enggak mungkin karena panas dari dalam, karena smarphone sekarang sudah bisa mengontrol performanya supaya enggak overheating. Jadi pasti pengaruh panas dari luar, ini enggak bisa dikontrol,” kata dia.

Kendati demikian, Ari menjelaskan jika smartphone kemungkinan tidak akan terbakar dan cuma mengalami kerusakan baterai saja, karena ada komponen BMS yang mencegah hal itu.

Satu gawai elektronik yang berbahaya justru powerbank, karena kapasitasnya besar dan tidak dilengkapi BMS yang bisa menjaga daya arus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm