Ilustrasi stok makanan
Ilustrasi stok makanan ( Unsplash/Swell)

Berikut Ini 4 Cara Mneyimpan Masakan Buat Stok Di Rumah

19 Juli 2023 15:36 WIB

SonoraBangka.id -  Lemari es salah satu alat elektronik rumah tangga yang bermanfaat, bisa untuk menyimpan makanan. Kamu bisa menyimpan masakan yang sudang matang untuk stok makanan di rumah yang awet. Persiapkan wadah kedap udara atau kantong plastik zipper sebagai tempat penyimpanan di dalam freezer. Simak cara simpan masakan untuk stok di rumah berikut ini, dikutip dari buku "Seri Masak Primarasa – Pandai Memasak: Masakan Beku" (2018) karya Tim Primarasa terbitan Gaya Favorit Press. 

1. Siapkan wadah

Pilih wadah yang aman untuk freezer, seperti wadah berbahan plastik berbentuk kontainer atau kantong plastik zipper, wadah kaca (untuk freezer dan oven), atau loyang tahan panas. Pastikan wadah tertutup rapat atau kedap udara.

2. Memasukkan masakan ke wadah

Masukkan makanan ke dalam wadah hingga penuh, agar tidak terlalu banyak udara di dalamnya. Ruang kosong di dalam wadah akan membuat makanan yang disimpan cepat rusak. Sebaiknya simpan makanan dalam porsi sekali pakai. Selain lebih cepat membeku, juga akan mempermudah thawing.

3. Segera letakkan dalam  freezer

Setelah ditaruh dalam wadah, segera simpan dalam freezer, jangan biarkan makanan dalam suhu ruang lebih dari 30 menit agar kualitas terjaga.

4. Beri ruang dalam  freezer

Beri ruang antar wadah dalam freezer agar tetap ada sirkulasi udara. Jangan letakkan makanan baru di atas makanan yang sudah beku. Sebab waktu pembekuan menjadi lebih lama. Letakkan makanan baru menempel di dinding freezer, setelah membeku bisa disusun kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Masakan untuk Stok di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/17/220400775/4-cara-simpan-masakan-untuk-stok-di-rumah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm