Motor listrik Honda EM1 e:(Dok. Honda Global)
Motor listrik Honda EM1 e:(Dok. Honda Global) ( KOMPAS.COM)

Hindari Bagian Ini Saat Mau Mencuci Motor Listrik

19 Juli 2023 20:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ritual wajib dalam menjaga tampilan motor adalah dengan mencuci, tidak terkecuali motor listrik. Agar motor ini tetap tampil bersih pengguna bisa melakukannya dengan metode yang benar.

Secara umum motor listrik aman dari cuaca hujan, bahkan banjir sekalipun. Namun masih ada beberapa komponen yang sebetulnya rentan terkena air sehingga perlu waspada saat mencucinya.

Setidaknya ada komponen yang sebaiknya dihindari saat mencuci motor listrik, karena bagaimanapun perangkat listrik akan mudah rusak bila terkena air.

“Saat cuci motor listrik, harus berhati-hati di bagian dinamo,” ujar Awan Setiawan, Head of E-Motor Division PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Awan mengatakan demi keamanan diusahakan agar air tidak masuk pada bagian dinamo. Kalau perlu, konsumen motor listrik perlu mengingatkan jasa cuci motor agar tidak menyemprot langsung ke bagian dinamo.

“Sebaiknya sih cuci sendiri, karena motor listrik rentan kalau kena air bertekanan tinggi,” ucap Awan.

Meski demikian motor listrik tetap aman bila terpaksa menerjang banjir, sama saja dengan motor konvensional.

“Motor listrik pernah dites banjir, masih aman. Normalnya kalau motor konvensional setengah ban sudah harus hati-hati, ini kurang lebih sama,” kata Awan.

Meski demikian, berdasarkan pantauan Kompas.com, dinamo motor listrik terletak di area yang rendah bahkan sebagian besar terletak di tengah-tengah roda karena cuma ada dua jenis penggerak motor listrik yakni hub-drive dan mid-drive.

Hub-drive berarti penggerak motor listrik ada di bagian poros pelek roda belakang, sedangkan mid-drive berarti penggerak motor listrik ada di bagian tengah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm