Baterai mobil listrik Toyota bZ4X(Dok. Toyota)
Baterai mobil listrik Toyota bZ4X(Dok. Toyota) ( KOMPAS.COM)

Suhu Panas Bisa Bikin Jangkauan Kendaraan Listrik Berkurang

24 Juli 2023 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Melalui Penelitian menunjukkan bahwa panas yang berlebihan dapat secara signifikan mengurangi jangkauan dari mobil listrik berbasis baterai. Sebab pada kondisi tersebut bakal terjadi tekanan di baterai.

Untungnya, kisaran suhu yang dimaksud cuma saat mencapai tiga digit. Maka, dalam kasus normal atau penggunaan sehari-hari, potensi itu sangat minim.

Demikian hasil studi yang diolah Recurrent dengan meneliti dan menguji sekitar ribuan kendaraan setiap tahun untuk menganalisis hubungan antara masa pakai baterai dan jangkauan.

"Mobil listrik bisa kehilangan hampir sepertiga dari jangkauan seharusnya saat suhu terlalu tinggi. Suhu kendaraan listrik, bisa turun 31 derajat saat suhu lebih dari 38 derajat celcius," kata CEO Recurrent Scott Case dikutip dari Carscoops, Minggu (23/7/2023).

Recurrent juga sempat melakukan penelitian dampak suhu beku terhadap daya jangkau kendaraan. Dalam studi tersebut, Ford Mustang Mach-E dan Volkswagen ID.4 mengalami penurunan sekitar 30 persen pada suhu minus satu derajat Celcius.

Pada saat yang sama, suhu yang tidak terlalu ekstrem menunjukkan pengaruh yang sangat kecil pada rentang baterai. Kendati demikian, data penipisan jarak baterai ini penelitiannya masih sangat terbatas untuk saat ini.

"Perhatikan bahwa hilangnya rentang baterai pada 100 derajat didasarkan pada data yang sangat terbatas, dan kami akan memperbaruinya ketika kami lebih yakin dengan nilainya," kata Scott.

Dia mengatakan bahwa mengumpulkan data seperti itu sulit karena sebagian besar mengemudi dilakukan pada pagi hari sebelumnya mencapai tiga digit suhu.

Sementara itu, menurut Greg Less dari Laboratorium Baterai Universitas Michigan mengatakan penurunan jangkauan pada suhu tinggi itu disebabkan oleh kimiawi.

"Begitu berada di atas 40 derajat Celcius, baterai mulai mengalami kerusakan lapisan emisi pasif pada anoda dan kerusakan itu kemudian akan menyebabkan konsumsi cairan elektrolit, yang akan mempersingkat masa pakai baterai," kata dia.

Kendati tidak merinci seluruh model kendaraan listrik yang diuji, tapi dari hasil studi maka sebaiknya para pengguna mobil listrik menghindari berkendara ketika cuaca sedang ekstrem. Termasuk memperhatikan lokasi parkir pada waktu yang lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suhu Panas Bisa Buat Jangkauan Kendaraan Listrik Berkurang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/24/092200515/suhu-panas-bisa-buat-jangkauan-kendaraan-listrik-berkurang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm