Home charging PLN(PLN)
Home charging PLN(PLN) ( KOMPAS.COM)

PLN Ungkap Pengguna Home Charging Kendaraan Listrik Naik Sebesar 119,4 Persen

26 Juli 2023 16:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN (Persero) menyebut adanya indikasi kenaikan minat masyarakat terhadap penggunaan kendaraan bermotor listrik sebagai moda transportasi harian.

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, bisa terlihat dari kenaikan realisasi layanan home charging service atau mengisi daya listrik kendaraan di rumah, yang diberikan perseroan.

Tercatat, hingga semester I/2023 jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut meningkat 119,4 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, alias dari 881 pelanggan menjadi 1.933 pelanggan.

“Dengan tumbuhnya pelanggan yang menggunakan home charging ini menjadi sinyal positif pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Pelanggan kini semakin aware terhadap manfaatnya menggunakan kendaraan listrik," kata dia melalui siaran pers, Selasa (25/7/2023).

Darmawan menambahkan, sejak Januari-Juni 2023 pemakaian tenaga listrik dari home charging mencapai 960 MWh dari sebelumnya cuma 91 MWh. Ini menjadi bukti, ekosistem kendaraan listrik semakin digandrungi masyarakat Indonesia.

“Penggunaan EV (electric vehicle) di masyarakat semakin masif dan ini momen yang tepat untuk kita beralih ke energi bersih," ujarnya.

"Sejalan dengan misi pemerintah untuk mencapai net zero emission di tahun 2060, PLN akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik,” kata Darmawan.

Peningkatan jumlah pelanggan ini didorong dengan hadirnya layanan electric vehicle digital services (EVDS) di tengah masyarakat.

Ditambah lagi, layanan EVDS yang tersedia di PLN Mobile lebih memudahkan pelanggan untuk tambah daya, pasang baru, hingga membeli kendaraan listrik.

Lebih lanjut, Darmawan menyebut bahwa tersedianya layanan ultra fast charging di SPKLU dan SPBKLU yang tersebar di seluruh Indonesia juga semakin memudahkan mobilitas pelanggan kendaraan listrik..

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Ungkap Pengguna Home Charging Kendaraan Listrik Naik 119,4 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/26/082200515/pln-ungkap-pengguna-home-charging-kendaraan-listrik-naik-119-4-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm