Ilustrasi servis mobil(Dok.Auto2000)
Ilustrasi servis mobil(Dok.Auto2000) ( KOMPAS.COM)

Kompresi Mesin Mulai Terasa Loyo, Bisa Jadi karena 4 Masalah Ini

26 Juli 2023 21:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing mesin mobil memiliki tekanan kompresi yang berbeda-beda, dan hal ini penting untuk dijaga dengan melakukan perawatan secara rutin.

Perlu diketahui, kompresi merupakan indikator yang menunjukkan jumlah tekanan pada silinder mesin kendaraan, yang pengaruhnya langsung pada sektor performa.

Seiring dengan penggunaan kendaraan, sangat memungkinkan mesin mobil mengalami penurunan kompresi. Penyebabnya ada banyak, paling umum karena masalah kebocoran.

Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator of After Sales Service Management Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), setidaknya ada empat hal yang membuat terjadinya penurunan kompresi pada mesin mobil.

"Pertama soal kebocoran pada valve atau klep in atau out, lalu akibat ring kompresi yang sudah aus. Selanjutnya bisa juga karena silinder bore yang aus, dan terakhir akibat adanya material seperti karbon yang mengganjal pada klep," ucap Bambang kepada Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Jika pemilik mobil merasakan tarikan mesin terasa loyo atau tak lagi bertenaga seperti biasanya, bisa jadi masalahnya disebabkan karena kompresi tersebut.

Untuk mengatasi penurunan kompresi karena empat hal tadi, Bambang menyarankan agar segera melakukan pergantian komponen. Khususnya pada klep, ring, serta silinder bore-nya.

Sedangkan kalau masalah penurunan kompresi pada mesin mobil disebabkan adanya material asing, masih bisa ditangani dengan melakukan pembersihan.

"Material asing atau karbon yang menempel masih bisa dibersihkan dengan carbon cleaner. Proses ini bisa dilakukan saat mobil servis berkala," kata Bambang.

Perlu diketahui, imbas penurunan kompresi pada mesin karena kebocoran baiknya proses penanganannya tidak ditunda-tunda karena akan berpotensi menyebabkan kerusakan yang parah.

Sementara untuk dampak jangka pendek, karena performa mesin yang loyo dan tarikan terasa berat, penggunaan bahan bakar juga akan lebih boros dari biasanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kompresi Mesin Mulai Loyo, Bisa Jadi karena 4 Masalah Ini ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/26/113100715/kompresi-mesin-mulai-loyo-bisa-jadi-karena-4-masalah-ini.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm