Ilustrasi akademisi soroti soal perubahan usia remaja berhubungan intim pertama kali
Ilustrasi akademisi soroti soal perubahan usia remaja berhubungan intim pertama kali ( Tes.com )

Dosen Sosiologi UBB Beberkan Sebab Remaja Usia 16-17 Tahun Sudah Berhubungan Intim

28 Juli 2023 08:09 WIB

SonoraBangka.idBKKBN di Indonesia mengurai data, tahun 2008 remaja berhubungan intim untuk pertama kali di usia 21 tahun (60 persen), 23 tahun ke atas (20 persen), sebelum 20 tahun (20 persen)

Tahun 2023, remaja berhubungan intim di usia 16-17 tahun (60 persen), 19-20 (20 persen) dan 14-15 (20 persen).

Akademisi sekaligus Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung, Luna Febriani mengatakan data BKKBN ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan pola pada usia remaja berhubungan intim untuk pertama kali.

"Pada tahun-tahun sebelumnya didominasi pada kelompok usia 21 tahun. Namun saat ini usia pertama remaja berhubungan intim didominasi pada usia yang jauh lebih muda yakni kelompok remaja 16-17 tahun," katanya.

Dia menjelaskan perubahan tingkat usia remaja dalam melakukan hubungan intim pertama kali tidak disebabkan oleh faktor tunggal, melainkan ada beragam faktor yang menyebabkan faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Pertama, perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi menjadi paradoks bagi masyarakat kita, terlebih jika kemajuan teknologi tidak dibarengi dengan kemampuan dan pengetahuan masyarakat kita dalam menggunakan dan mengelola teknologi di kehidupannya.

"Karena kemajuan teknologi ini tidak saja dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat, namun berkontribusi pula dalam melahirkan dampak negatif. Dalam hal ini dampak negatif yang diberikan dapat berupa penyebarluasan maupun dalam mengakses konten tidak senonoh yang dimediasi melalui gawai dan jaringan internet," katanya.

Penyebarluasan dan pengaksesan ni dapat diakses oleh siapa saja dan kapan pun, terlebih dalam masyarakat kita sekarang, hampir semua golongan terutama dari sisi usia telah memiliki gawai.

"Hal ini akan mempermudah orang untuk mendapatkan akses konten-konten negatif," lanjutnya. 

Kedua, berkaitan dengan faktor globalisasi yang merupakan konsekuensi dari perÄ·embangan teknologi itu. Globalisasi atau proses terhubungnya masyarakat dunia dalam semua aspek kehidupan seperti budaya, sosial, ekonomi dll. Atau dengan kata lain, globalisasi merupakan proses memudarnya batas dan sekat-sekat antar negara.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm