Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Parit Enam, Pangkalpinang.
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Parit Enam, Pangkalpinang. ( Bangkapos.com )

TPA Parit Enam Sudah Tak Layak, DPRD Pangkalpinang Sebut Dikarenakan Anggaran dan SDM Minim

29 Juli 2023 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Hingga saat ini, permasalahan yang ada di Tempat Pembungaan Akhir (TPA) sampah yang ada di Parit Enam tak kunjung selesai.

Ada banyak rencana dan wacana yang dilakukan oleh pemerintah setempat namun hingga saat ini belum juga ada terealisasi.

Satu di antaranya ialah membuat TPA regional dan tempat yang baru.

Saat ini kondisi TPA Parit Enam sudah sangat mengkhawatirkan, Bahakan sudah Overload dan diprediksi bertahan hingga dua tahun lagi.

Menanggapi hal tersebut Ketua fraksi PKS DPRD Kota Pangkalpinang, Arnadi memberikan tanggapannya.

Arnadi berpendapat, permasalahan sampah ini sebenarnya bukan permasalahan baru, karena sudah dengan berganti beberapa kali Walikota hingga beberapa Kepala Dinas, tetapi kunjung selesai akibat kurangnya fokus penyelesaian.

"Karena anggaran tidak disiapkan dan SDM di pemerintah juga minim. Sampah menjadi prioritas tapi secara implementasi program dan kegiatan belum fokus, sehingga persoalan sampah dari hulu, sampai ke TPA Regional tidak selesai-selesai,"ujar Arnadi, Jumat (28/7/2023). 

Untuk itu, ia menyarankan harus harus ada perubahan mengenai tata kelola pengelolaan per sampahan, yang dilakukan melalui hasil duduk bersama semua stakeholder yang berkaitan langsung dengan sampah.

"Pertama karena, masalah daya tampung TPA parit enam yang memang terbatas. Kedua ketersediaan TPA Regional yang tidak rampung rampung dan semakin tidak jelas," jelasnya  

Ia juga menyarankan, agar Pemerintah Kota juga tidak bisa fokus pada daya tampung atau akhir pembuangan sampah saja, tetapi harus ada pembinaan yang dilakukan dari hulu dengan mengaktifkan masyarakat untum mengolah sampah anorganik seperti sampah plastik.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm