ilustrasi sambal matah.
ilustrasi sambal matah. ( shutterstock/Matthew Oldfield)

Pelengkap Makan Ikan Atau Ayam Goreng, Berikut 8 Resep Sambal matah

30 Juli 2023 07:03 WIB

SonoraBangka.id - Sambal matah merupakan salah satu sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali, dibuat dengan bahan seperti bawang merah, cabai rawit, serai, dan daun jeruk. Sambal matah dibuat dengan bahan segar untuk pendamping makan lauk seperti ikan bakar, ayam goreng, atau satai lilit. Simak delapan rekomendasi resep sambal matah yang bisa dicoba di rumah, berikut selengkapnya.

1. Resep sambal matah untuk pendamping satai lilit

Membuat satai lilit di rumah? Paling cocok dimakan bersama sambal matah yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, bawang putih, terasi bakar, daun jeruk, dan serai. Kamu bisa menambahkan minyak kelapa pada sambal matah agar semakin nikmat.

2. Resep sambal matah segar dan harum

Membuat sambal matah segar cukup mudah, siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, serai, daun jeruk, dan terasi bakar. Sambal matah mudah dibuat hanya dengan dua langkah, campur semua bahan dan remas-remas semua bahan agar semakin harum dan keluar rasanya.

3. Resep sambal matah untuk teman makan sate kambing

Selain sate lilit, sambal matah juga cocok sebagai pendamping makan lauk sate kambing. Rasa segar dari sambal matah dapat menyamarkan bau kambing. Resep sambal matah ini menggunakan minyak jagung untuk menumis terasi, lebih sehat dan rasanya khas. 

4. Resep sambal matah ala Chef

Ingin mencoba resep sambal matah ala restoran, kamu bisa mencoba resep sambal matah dengan bahan cabai rawit merah tanpa biji, bawang merah, serai, daun jeruk, dan terasi. Pakailah lemon untuk diperas airnya sebagai tambahan rasa segar dan asam yang nikmat.

5. Resep sambal matah segar dan mudah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm