Acara gelar konversi motor listrik perdana oleh Kementerian ESDM(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Acara gelar konversi motor listrik perdana oleh Kementerian ESDM(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Polisi Sebut Untuk Urus STNK Motor Konversi Cukup 2 Minggu

31 Juli 2023 19:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Pol Firman Shantyabudi mengatakan bahwa pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) motor listrik hasil konversi tidak ribet, cuma cukup dua minggu.

Asalkan, kendaraan bermotor tersebut sudah dilengkapi dokumen yang dibutuhkan. Salah satunya, memiliki surat lulus uji tipe dari Kementerian Perhubungan RI.

"Kami berharap secepatnya (pengurusan dokumen motor konversi) karena kan saat ini sudah digital. Jadi sepanjang pendaftarannya beres, kita klarifikasi di situ bahwa kendaraan bukan curian dan lolos uji (tipe)," kata Firman di Jakarta, Jumat (28/7/2023) sore.

"Sepanjang tidak ada (kendala dokumen), lulus uji sudah keluar, kita keluarkan. Enggak sampai lah (dua mingguan)," lanjut Firman.

Lebih lanjut Firman menjelaskan surat-surat motor listrik hasil konversi tak akan jauh berbeda dari saat status kendaraan tersebut masih konvensional.

Pembeda cuma ada pada keterangan 'nomor mesin' yang berubah menjadi 'nomor penggerak'. Selain itu motor listrik hasil konversi juga akan mendapat pelat baru dengan lis biru.

"Jadi yang dikonversi kan sebetulnya data sudah ada. Cuma diganti (mesinnya sudah tidak ada). Nah nanti keterangannya (di surat) dikonversi. Lalu nomor mesinnya diganti ke nomor penggerak," kata Firman.

"Pokoknya kami harap semua pelayanan bisa cepat," ucap dia lagi.

Berikut proses registrasi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai konversi:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm