Ilustrasi paprika kuning, hijau, dan merah.
Ilustrasi paprika kuning, hijau, dan merah. ( SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)

Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik, Berikut 7 Manfaat Paprika

2 Agustus 2023 21:53 WIB

SonoraBangka.id - Paprika adalah sayur yang biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan baik paprika segar maupun paprika bubuk. Rupanya, bukan cuma bikin masakan lezat, paprika juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut Webmd.com, paprika mengandung capsaicin, senyawa yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Senyawa tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, zat besi, serat, dan protein. Beberapa manfaat kesehatan paprika adalah memiliki sifat antioksidan, dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi gas dalam tubuh. Simak manfaat mengonsumsi paprika mengutip Healthline dan Webmd.com berikut. 

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Menambahkan paprika ke dalam makanan dapat membantu melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari. Dalam studi terkontrol plasebo double-blind, senyawa xanthophylls dalam paprika menekan kerusakan kulit akibat sinar UV. Paprika mengandung banyak beta karoten dan vitamin C, keduanya merupakan antioksidan yang penting untuk kulit. Vitamin C juga diperlukan untuk membuat kolagen, protein struktural yang membuat kulit lebih kuat. 

2. Meningkatkan penglihatan

Paprika mengandung beberapa nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan mata seperti vitamin E, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Secara khusus, lutein dan zeaxanthin, yang berfungsi sebagai antioksidan, dapat mencegah kerusakan mata.

3. Mengurangi peradangan

Varietas paprika tertentu, terutama yang pedas, mengandung senyawa capsaicin. Capsaicin berikatan dengan reseptor pada sel saraf untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Oleh karena itu, paprika dapat melindungi dari berbagai kondisi peradangan dan autoimun, termasuk radang sendi, kerusakan saraf, dan masalah pencernaan. 

4. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Paprika dapat bermanfaat bagi kadar kolesterol Anda. Secara khusus, capsanthin, karotenoid dalam paprika, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Karotenoid dalam paprika juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (jahat) yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. 

5. Memiliki efek antikanker

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm