Ilustrasi ayam ungkep bumbu kuning, bisa untuk menu sahur pertama.
Ilustrasi ayam ungkep bumbu kuning, bisa untuk menu sahur pertama. ( SHUTTERSTOCK/CHEF TURNIP)

Jangan Nekat Memakannya, Berikut Ciri Ayam Matang Busuk Di Kulkas

3 Agustus 2023 07:19 WIB

SonoraBangka.id - Apakah kamu terbiasa menyimpan stok lauk ayam ungkep di kulkas? Tentu hal tersebut merupakan cara praktis, cukup panaskan sebelum makan ayam. Namun, sebaiknya perhatikan anjuran durasi menyimpan ayam matang di kulkas maupun di freezer.  Melansir Healthline, Departemen Pertanian Amerika Serikat menganjurkan menyimpan ayam tidak lebih dari tiga hingga empat hari di kulkas. Sementara itu, menyimpan ayam matang di freezer dapat tahan dua hingga enam bulan. Menyimpan ayam matang di dalam kulkas atau freezer membuat pertumbuhan bakteri melambat tetapi bukan berarti bakteri tidak tumbuh. Apabila sudah terlalu lama disimpan, terdapat kemungkinan ayam mulai basi dan tidak layak makan.

Perhatikan tanda ayam mulai basi dari empat faktor berikut:

1. Melebihi tanggal terbaik atau waktu anjuran menyimpan ayam.

2. Ayam berubah warna menjadi abu-abu kehijauan atau terdapat bintik-bintik jamur. Hal ini menunjukkan adanya pertumbuhan bakteri.

3. Ayam mengeluarkan bau asam yang menyerupai amonia. Namun, bau tidak sedap itu bakal lebih sulit dideteksi pada ayam yang telah dibumbui dengan saus, rempah, atau herba lain beraroma kuat.

4. Tekstur ayam berlendir. Membilas ayam tidak akan menghancurkan bakteri, malah bakal menyebabkan kontaminasi silang.

Risiko makan ayam basi

Segera buang ayam jika mendapati satu atau lebih tanda yang telah disebutkan di atas.  Ayam berisiko tinggi menyebabkan keracunan makanan, karena mungkin terkontaminasi bakteri misalnya Campylobacter atau Salmonella. Biasanya, bakteri ini dapat hilang saat ayam dimasak sampai matang menyeluruh. Namun, tetap hindari memasak kembali atau makan ayam basi. Walau panas dapat membunuh bakteri pada ayam basi tetapi tidak akan menghilangkan beberapa racun yang dihasilkan oleh bakteri. Hal itu dapat menyebabkan keracunan makanan lantas timbul rasa tidak nyaman pada tubuh. Bahkan dapat membahayakan tubuh misalnya demam tinggi di atas 38,6 derajat celsius, menggigil, mual, muntah, diare, tinja berdarah, dan dehidrasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri Ayam Matang Busuk di Kulkas dan Risiko Jika Nekat Memakannya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/27/103300775/ciri-ayam-matang-busuk-di-kulkas-dan-risiko-jika-nekat-memakannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm