Pembongkaran pulley CVT motor matik(KOMPAS.com/daafa)
Pembongkaran pulley CVT motor matik(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Ini Komponen Motor Matik yang Kerusakannya Sulit Untuk Diprediksi

3 Agustus 2023 19:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Umumnya, komponen motor matik memiliki hitungan masa pakai dan harus diganti secara berkala. Tapi ada satu jenis yang usianya tidak bisa diprediksi, dan bervariasi tergantung pemakaian pengguna.

Komponen yang dimaksud yakni kampas ganda atau kampas kopling, posisinya ada di dalam kompartemen continous variable transmission (CVT) motor matik.

Andre, Kepala Bagian Spare Part AHASS Motor Cikupa menjelaskan, di atas kertas, durasi pemakaian kampas ganda adalah sekitar 25.000 kilometer sampai 30.000 kilometer.

“Tapi jujur saja, hitungan itu kayaknya enggak paten. Tiap orang bisa beda-beda,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Dia mengatakan, suku cadang lain seperti busi, v-belt, aki, dan filter udara memiliki akurasi hitungan ganti 80 persen. Maksudnya, usia pemakaiannya tidak jauh meleset dibanding waktu yang disarankan.

Sedangkan untuk kampas ganda, menurut Andre, akurasinya adalah sekitar 60 persen atau kurang. Sering dijumpai pengguna yang sudah mencapai kilometer di atas 30.000, tapi tidak membutuhkan ganti.

“Saya pernah menangani konsumen yang (jarak tempuhnya) sudah 60.000 kilometer, tapi kampas gandanya masih tebal, belum habis. Akhirnya ya tidak diganti,” ujarnya.

Menurut Andre, hal itu tidak mengherankan, menimbang suku cadang orisinil Honda selalu mengedepankan kualitas, dan bisa menguntungkan konsumen.

Adapun perbedaan pemakaian antar pengguna juga sangat berpengaruh di sini. Motor matik dengan pemakaian intensif pasti memiliki masa pakai kampas ganda yang lebih pendek, dibandingkan dengan yang pemakaian santai.

“Misalnya driver ojek online yang intens narik setiap hari, ini biasanya ganti tiap 25.000 kilometer, sesuai,” ucapnya.

Andre tetap menyarankan konsumen untuk melakukan servis rutin secara berkala, setidaknya sekali setiap 2.000 kilometer.

“Supaya bisa diketahui sejak dini kalau memanh kampas ganda sudah botak, dan harus diganti,” kata dia.

Terkait harga, kampas ganda yang dijual di bengkel resmi ada di kisaran Rp 150.000, tergantung model motor matik yang digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Komponen Motor Matik yang Kerusakannya Sulit Diprediksi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/03/125049615/ini-komponen-motor-matik-yang-kerusakannya-sulit-diprediksi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm