Ilustrasi stunting pada anak.
Ilustrasi stunting pada anak. ( Shutterstock)

Harus Tahu, Ini Optimalisasi untuk Turunkan Risiko Stunting pada Anak

4 Agustus 2023 13:43 WIB

SonoraBangka.id - Ada yang tahu, bagaimana cara optimalisasi penurunan angka stunting pada anak? Simak penjelasannya.

Stunting merupakan salah satu masalah gizi kronis yang masih menjadi tantangan serius di berbagai negara terutama di negara-negara berkembang.

Stunting terjadi ketika anak mengalami pertumbuhan tubuh yang terhambat, biasanya dikaitkan dengan masalah gizi buruk dan kekurangan nutrisi.

Dampak stunting pada anak sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang dan berpengaruh negatif pada perkembangan kognitif dan pendidikan mereka.

Oleh karena itu, optimalisasi untuk mengurangi stunting pada anak harus menjadi prioritas bagi masyarakat dan pemerintah.

Melansir dari berbagai sumber, optimalisasi untuk menurunkan angka stunting bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Yuk simak!

Optimalisasi Menurunkan Stunting pada Anak 

1. 1000 Hari Pertama

Periode 1000 hari pertama, yang dimulai dari masa kehamilan hingga dua tahun pertama kehidupan anak, sangat penting dalam upaya mengurangi stunting.

Pada periode ini, pertumbuhan otak dan tubuh anak terjadi dengan cepat. Kekurangan nutrisi selama periode ini dapat mengakibatkan dampak jangka panjang yang tidak dapat diatasi pada masa depan.

Sumbernakita.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm