Mencincang bawang putih menggunakan pisau tajam sampai halus dan lembut.
Mencincang bawang putih menggunakan pisau tajam sampai halus dan lembut. ( SHUTTERSTOCK/HANNATOR)

Tanpa Gunakan Blender, Berikut Cara Membuat Bawang Putih Halus

6 Agustus 2023 13:56 WIB

SonoraBangka.id - Ada beberapa orang yang biasanya menstok bawang putih halus di kulkas. Tidak heran, pasalnya bawang putih menjadi bumbu utama beragam masakan Indonesia. Cara membuat bawang putih halus paling umum adalah menggunakan blender atau diulek pakai cobek. Apabila kamu tidak mempunyai cobek, blender, atau food processor; masih ada alat lain untuk membuat bawang putih halus yaitu pisau. Namun, pastikan pisau yang kamu gunakan benar-benar tajam.

Di samping itu, sebaiknya berhati-hati saat menggunakan pisau tajam tersebut. The Kitchn menunjukkan cara membuat bawang putih halus pakai pisau tajam. Resep ini hanya menggunakan tiga siung bawang putih untuk sekali masak. Kamu dapat menambahkan takaran bawang putih jika mau menjadikan bawang putih halus sebagai stok. Jangan lupa untuk menyimpan bawang putih halus di dalam kulkas atau freezer agar awet. 

Resep bawang putih halus

Bahan bawang putih halus

3 siung bawang putih

1/2 sdt garam kosher 

Cara membuat bawang putih halus tanpa blender

1. Geprek bawang putih menggunakan bagian ujung bawah pisau. Kupas kulitnya. Kamu juga bisa mengupas bawang putih menggunakan metode pada umumnya.

2. Geprek dan cincang bawang putih dengan gerakkan pisau di atas bawang sebanyak dua kali.

3. Taburkan garam di atas bawang putih cincang. Gunakan pisau untuk mengumpulkan bawang putih cincang agar tertumpuk rapi.

4. Pegang sisi pisau yang tumpul dengan kedua tangan, tekan dan geser ujung pisau yang tajam ke tumpukan bawang putih secara miring untuk meratakan bawang putih.

5. Kumpulkan kembali bawang putih menjadi tumpukan yang rapi. Tekan dan geser pisau melalui di atas tumpukan bawang putih.

6. Lakukan langkah 4 dan 5 selama dua hingga tiga menit atau sampai bawang putih menjadi halus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bikin Bawang Putih Halus Tanpa Blender", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/06/111916575/cara-bikin-bawang-putih-halus-tanpa-blender.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm