ilustrasi nanas, salah satu buah pemicu asam lambung.
ilustrasi nanas, salah satu buah pemicu asam lambung. ( SHUTTERSTOCK/New Africa)

Dapat Tingkatkan Kekebalan tubuh, Berikut 10 Manfaat Buah Nanas

6 Agustus 2023 14:45 WIB

SonoraBangka.id - Nanas salah satu buah tropis yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, memiliki rasa manis terkadang sedikit asam. Buah nanas banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, serat, vitamin B1 dan B6. Buah nanas dapat meningkatkan mengurangi risiko penyakit jantung, memperlancar sistem pencernaan, dan antikanker. Simak manfaat buah nanas dapat meningkatkan kekebalan tubuh berikut, dikutip dari laman Healthline dan buku "Sehat Tanpa Obat dengan Nanas – Seri Apotek Dapur" (2023) karya Nugraheni terbitan Andi Publisher.

1. Rendah kalori

Nanas memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, selain itu nanas memiliki nutrisi yang bernilai rendah seperti kolesterol, protein, saturated fat, dan kalori. Bisa dimasukkan dalam daftar buah untuk menu diet.

2. Memperlancar pencernaan

Nanas mengandung serat, beberapa enzim pencernaan dan enzim bromelain yang berguna memecah protein dan memperlancar pencernaan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A dan betakaroten yang terkandung dalam nanas berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan selaput lendir, dan menjaga kesehatan kulit serta mata.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Nanas mengandung vitamin B1 atau thiamim dan vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengangkut darah ke seluruh tubuh secara efisien. Sementara vitamin B6 membantu proses metabolisme tubuh dan memproduksi energi di dalam tubuh.

5. Mengurangi lendir pada tenggorokan dan hidung

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm