Suasana hari pertama ujian praktik bikin SIM C trek baru di Satpas Daan Mogot Jakarta Barat, Senin (7/8/2023). (Suasana hari pertama ujian praktik bikin SIM C trek baru di Satpas Daan Mogot Jakarta Barat, Senin (7/8/2023). )
Suasana hari pertama ujian praktik bikin SIM C trek baru di Satpas Daan Mogot Jakarta Barat, Senin (7/8/2023). (Suasana hari pertama ujian praktik bikin SIM C trek baru di Satpas Daan Mogot Jakarta Barat, Senin (7/8/2023). ) ( KOMPAS.COM)

Polisi Bicara Kemungkinan Motor Listrik Menggunakan SIM Khusus

8 Agustus 2023 17:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korlantas Polri bicara mengenai kemungkinan dibuatnya penggolongan SIM baru, yang dikhususkan untuk motor listrik.

Adanya pertimbangan itu dikarenakan pihak Korlantas menilai, spesifikasi dan rasa berkendara motor listrik cukup berbeda bila dibandingkan skutik umum.

Hal itu diakui oleh Irjen Firman Shantyabudi, Kepala Korlantas Polri. Menurutnya, tarikan pada motor listrik memang terasa instan dan spontan.

Kesimpulan tersebut dia dapatkan setelah Polisi mulai sering menggunakan motor listrik untuk keperluan patroli dan pengawalan.

“Untuk rasa (mengendarai motor listrik) memang beda, lebih spontan tarikannya,” ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Firman menambahkan, aturan terkait penggolongan SIM C khusus motor listrik masih belum ada. Sejauh ini, topik tersebut masih sebatas wacana dan diskusi internal Korlantas saja.

“Belum ada (aturannya). Nanti teknisnya akan saya sampaikan, tapi harus dibahas dulu ini,” ujarnya. Dia menambahkan, sejatinya sudah ada pembaruan khusus untuk motor listrik, yakni dalam hal identifikasi kendaraan berdasarkan STNK.

“Di STNK terbaru, sudah ada identifikasinya pakai tulisan ‘cc garis miring Kwh’. Jadi buat ini memang kita (Korlantas) sudah ada,” ujarnya.

Menurut Firman, adanya wacana penambahan golongan SIM ini bukan untuk memperumit proses perolehan SIM bagi masyarakat. Justru sebaliknya, yakni untuk memastikan keamanan dan keselamatan di jalan.

“Semua diadakan untuk memastikan mereka yang di jalan terampil, mengetahui aturan lalu lintas, dan berperilaku memakai jalan sebagaimana yang kita harapkan,” kata Firman.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm