Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu
Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita )

Ternyata, Ini Arti Progam Gule Kabung yang Digagas Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu

9 Agustus 2023 20:28 WIB

SonoraBangka.id - Memang, beberapa hari terakhir Pj Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu lekat dengan istilah 'Gule Kabung'. Apa maksudnya istilah itu?

Jika orang Indonesia umumnya mengenal Gula Aren, orang Bangka Belitung menyebutnya sebagai gula kabung.

Gula kabung adalah gula yang diperoleh dari porses pengolahan nira dari pohon aren.

Di Bangka Belitung pohon aren disebut juga pohon kabung.

Sehingga air nira yang kemudian diolah menjadi gula aren atau gule kabung.

Namun apa kaitannya Pj Gubernur Suganda dengan gule kabung?

Menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) terhitung sejak 31 Maret 2023 lalu, Suganda Pandapotan Pasaribu terus membuat terobosan baru melalui program-program kerja yang bersinergi bersama semua pihak. 

"Salah satunya yaitu program terbaru yang diluncurkan 27 Mei 2023 lalu yakni Gule Kabung yang merupakan singkatan dari Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung," ungkap Pj. Gubernur Suganda saat Taping Program Teras Negeri Tempo di Kantor Tempo Jakarta Selatan, pada Kamis (8/6/2023). 

Dituturkan oleh Pj. Gubernur Suganda melalui Pogram Teras Negeri Tempo yang dipandu oleh Host Jihan ini, bahwa program Gule Kabung ini ada lima program didalamnya yakni pertama adalah Percepatan penurunan angka stunting dan malnutrisi pada anak.  

"Kami bersinergi melibatkan berbagai elemen masyarakat, dan memperluas program kemitraan untuk mengentaskan stunting dan malnutrisi, salah satunya dengan mengentaskan permasalahan kemiskinan yang menjadi pemicu terjadinya stunting," ujarnya. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm