Pelabuhan Bungkutoko Kendari atau juga dikenal dengan Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara adalah pelabuhan penting yang bakal menggantikan pelabuhan lama di Kota Kendari. Selain itu, ada layanan kapal penumpang dari Pelabuhan Pelni Kendari menuju Wanci.
Pelabuhan Bungkutoko Kendari atau juga dikenal dengan Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara adalah pelabuhan penting yang bakal menggantikan pelabuhan lama di Kota Kendari. Selain itu, ada layanan kapal penumpang dari Pelabuhan Pelni Kendari menuju Wanci. ( Kementerian PUPR)

Profil Pelabuhan Bungkutoko Kendari dan Jadwal Kapal ke Wakatobi

12 Agustus 2023 11:18 WIB

SonoraBangka.ID - Pelabuhan Bungkutoko atau juga dikenal dengan Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara adalah akses yang sangat penting di provinsi ini. Selain untuk angkutan kapal peti kemas, pelabuhan ini juga diperuntukkan untuk kapal penumpang.

Mengutip laman resmi Kementerian Perhubungan, dibangun sejak tahun 2009, Pelabuhan Bungkutoko Kendari selesai dan mulai beroperasi pada 2015.

Lokasinya persis di mulut Teluk Kendari yang menjadi tempat pertemuan arus keluar masuk air laut dari Teluk Kendari serta dari Laut Banda.

Pembangunan Pelabuhan Bungkutoko sendiri sebenarnya sudah direncakan sejak lama. Rencana pembangunan pelabuhan ini telah diputuskan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 168 Tahun 1998 tentang Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu, Buton, Kolaka dan Kendari.

Pembangunan Pelabuhan Bungkutoko juga merupakan pengembangan dari Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara yang terkendala penegembangannya karena keterbatasan lahan pengembangan.

Selain itu Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara juga sulit dikembangkan lantaran adanya pendangkalan perairan kolam, alur pelayaran yang sempit, dan rencana pemerintah daerah untuk membangun jembatan di atas alur pelayaran dengan tinggi bebas yang terbatas.

Pelabuhan Bungkutoko Kendari merupakan pelabuhan pengumpul yang memiliki kapasitas kapal kargo sebesar 6.000 DWT dan merupakan yang terbesar.

Selain itu, Pelabuhan Bungkutoko juga dapat menampung kapal penumpang dengan ukuran 6.022 GT (Pelni) dengan kedalaman Faceline dermaga seluas 8 M LWS.

Jadwal kapal Pelabuhan Bungkutoko ke Wakatobi

Sebagai informasi saja, Pelabuhan Bungkutoko juga melayani kapal angkut penumpang yang dioperasikan Pelni.

Mengutip Tribun Sultra, kapal Pelni ini melayani rute perjalanan laut mulai dari Kota Kendari-Wanci, Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, begitupula sebaliknya.

Kapasitas kapal Jetliner sendiri mampu menampung hingga 600 penumpang dalam sekali jalan. Kapal Jetliner diketahui akan melayani penumpang Kendari-Wanci dalam waktu 3 hingga 4 kali seminggu.

Mulai dari Senin, Rabu, Jumat. Keberangkatan dimulai pukul 18.00 WITA petang dari Pelabuhan Pelni Kendari. Kapal Pelni akan tiba pukul 06.00 WITA pagi di Pelabuhan Pangulubelo, Wanci.

Untuk harga tiket kapal express Jetliner dari Pelabuhan Pelni Kendari menuju Wanci tidak ada perubahan dari sebelumnya yakni: dewasa Rp 82.000 dan balita Rp 21.000 (harga bisa berubah sesuai ketentuan PT Pelni)

Itulah informasi seputar Pelabuhan Bungkutoko Kendari. Semoga bisa membantu perjalan Anda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Profil Pelabuhan Bungkutoko Kendari dan Jadwal Kapal ke Wakatobi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/08/11/190947226/profil-pelabuhan-bungkutoko-kendari-dan-jadwal-kapal-ke-wakatobi?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm