Ilustrasi buah melon yang rasanya manis
Ilustrasi buah melon yang rasanya manis ( SHUTTERSTOCK/Kotcha K)

Apa Beda Melon Jepang Dan melon Indonesia ? Berikut Penjelasannya

13 Agustus 2023 06:35 WIB

SonoraBangka.id - Melon banyak dibudidayakan di Pulau Jawa dan sekitarnya. Jenisnya yang paling populer adalah melon hijau. Melon juga populer di Jepang. Bahkan, melon jepang terkenal dengan kualitas baik dan harganya yang mahal. Menurut Executive Chef Titik Temu Kenrick Gunawan, melon jepang memiliki perbedaan dengan melon Indonesia. "Jepang itu terkenal dengan japanese melon musk.

Bentuknya kotak dan biasanya dijadikan hadiah," kata Kenrick. Ia mengatakan, bentuk melon jepang dan melon Indonesia sebenarnya serupa, hanya saja bentuk melon jepang lebih kecil. Melon Indonesia biasanya dijual dengan bobot mulai satu hingga empat kilogram per buah, lebih kecil daripada melon jepang. 

"Biasanya melon jepang itu memiliki jus lebih banyak di dalamnya," tutur Kenrick saat ditemui Kompas.com usai acara grand opening Titik Temu SCBD, Jumat (11/8/2023). Itu sebabnya, melon jepang memiliki rasa lebih manis daripada melon lokal. Namun, tergantung varietasnya. Harga dua melon beda negara ini juga berbeda.

Menurut Kenrick, melon dan buah asal Jepang terkenal dengan harga mahalnya. Alasannya, budidaya melon jepang menggunakan tenaga manusia penuh tanpa pemakaian mesin, khususnya melon kotak. Penanaman dan panen manual membuat biaya produksi melon jepang lebih mahal daripada melon Indonesia. "Makanya kenapa semangka, stroberi, dan melon jepang mahal itu karena biaya panennya mahal," ungkap Kencrick.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Melon Jepang dengan Melon Indonesia?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/12/151000575/apa-bedanya-melon-jepang-dengan-melon-indonesia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm