Ilustrasi arem-arem mie untuk hidangan mengenyangkan yang praktis cara makannya.
Ilustrasi arem-arem mie untuk hidangan mengenyangkan yang praktis cara makannya. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Pawonike Gallery)

Berikut Ini 9 Cara Mmebuat Arem-Arem Agar Tidak Cepat Basi

13 Agustus 2023 09:53 WIB

SonoraBangka.id - Arem-arem bisa kamu temui dengan mudah di daerah Jawa Tengah. Tampilannya mirip dengan lemper, hanya saja arem-arem lebih padat dan isiannya beragam. Namun, arem-arem yang terbuat dari beras sebagai bahan utamanya ini sering kali tidak bisa tahan lama. Kamu bisa simak tips membuat arem-arem tahan lama yang salah satu kunci masaknya, ada di cara aron beras ketan. 

1. Cara mengaron beras dengan benar

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Sabtu (17/07/2021), Chef Lucky P. Nugraha dari The Jayakarta Hotel Bandung menjelaskan cara mengaron beras untuk arem-arem yang benar. Caranya adalah beras harus diaron agar teksturnya bagus dan kualitas arem-arem bisa tahan lama. Masak nasi setengah matang kemudian aduk dan tuang air panas. Gunakan daun pisang untuk bungkus arem-arem dan masukkan nasi yang sudah dimasak setengah matang.

2. Tekstur nasi harus konsisten

Pastikan kamu memasak nasi dengan tekstur yang konsisten. Hindari masak nasi di awal yang terlalu lembek karena akan sulit untuk membentuknya. Pastikan beras dalam keadaan matang, jangan terlalu keras agar ketika diaron. Arem-arem menjadi terlalu matang.

3. Campuran nasi dan mi

Sebagian orang, ada yang suka dengan arem-arem dari campuran nasi dan mi. Jika kamu ingin memuat arem-arem dari keduanya. Pastikan mi tidak telralu lembek agar mudah diratakan dan dibentuk dengan daun pisang.

4. Siapkan daun pisang

Ditambahkan dari buku “Kue-Kue Indonesia: 165 Resep Penganan Populer Nusantara” (2015) oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Anginkan daun pisang di suhu ruang agar kandungan airnya berkurang sehingga daun pisang lebih lemas dan mudah dibentuk.

5. Kukus atau bakar daun pisang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm