Foto karya Frans Mendur yang mengabadikan Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Cikini, Jakarta. (Frans Mendur)
Foto karya Frans Mendur yang mengabadikan Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Cikini, Jakarta. (Frans Mendur) ( KOMPAS.COM)

Hari Ini Rangkaian Peristiwa dalam Sejarah: Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus 2023 16:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Hari ini 78 tahun lalu atau tepatnya pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Sejumlah peristiwa mewarnai detik-detik proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, seperti diculiknya Sukarno dan Hatta oleh sejumlah pemuda ke Rengasdengklok. 

Berikut ini rangkaian peristiwa sebelum lahirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia

Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom

Peristiwa jatuhnya bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 memaksa Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya.

Dikutip dari Kompas.com (17/8/2020), Jepang yang menyerah pada 15 Agustus 1945 tersebut menandai berakhirnya Perang Dunia II.

Sebelumnya, Indonesia telah mempersiapkan kemerdekaan dengan dibentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Tapi, menyerahnya Jepang kepada Sekutu membuat sekelompok golongan muda ingin Indonesia segera merdeka tanpa menunggu keputusan Jepang.

Hal itu menimbulkan perbedaan antara golongan Indonesia yang di lain sisi tidak ingin ada pertumpahan darah mengingat pasukan Jepang di Indonesia masih banyak.

Soekarno dan Hatta diculik ke Rengasdengklok

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm