Ilustrasi cilok bumbu kacang untuk camilan di rumah, jajanan anak SD populer.
Ilustrasi cilok bumbu kacang untuk camilan di rumah, jajanan anak SD populer. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Bisa Untuk Ide Jualan, Berikut Ini 15 Resep Cilok Jajanan Kaki Lima

19 Agustus 2023 12:22 WIB

SonoraBangka.id - Cilok merupakan jajanan kaki lima khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka dengan bumbu-bumbu. Cilok dapat mudah ditemukan di depan sekolah-sekolah, nah kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan sederhana dan lebih higienis. Simak beberapa resep cilok berikut yang bisa dijadikan ide jualan dengan kreasi menarik.

1. Resep maklor makaroni cilok telur

Maklor atau makcilor adalah jajanan sekolah yang terdiri dari makaroni cilok yang sudah digoreng dengan telur, kemudian dibumbui dengan bumbu bubuk rasa balado. Kamu bisa membuat maklor di rumah untuk ide jualan jajanan SD, berikut selengkapnya.

2. Resep cilok krikil empuk antigagal

Cilok krikil berbentuk bulatan kecil-kecil sehingga disebut kerikil, kemudian disiram saus sambal dan cabai rawit, Cilok krikil ini cocok dijadikan menu jualan jajanan yang empuk dan antigagal. Pastikan takaran terigu dan tapioka tepat.

3. Resep cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang merupakan jajanan sekolah yang selalu menjadi favorit, tekstur kenyal dengan bumbu kacang pedas membuat ketagihan. Kamu bisa membuat cilok bumbu kacang dengan mencampurkan dua jenis tepung, yaitu tapioka dan terigu untuk hasil yang kenyal.

4. Resep seblak cilok

Seblak dan cilok merupakan jajanan khas Jawa Barat yang bisa kamu buat di rumah dengan rasa pedas dan gurih. Siapkan bahan untuk membuat seblak cilok seperti tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, cabai rawit, daun bawang, kencur, dan garam.

5. Resep cilok goreng gulung telur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm