Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, saat tampil dalam rangkaian MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Amerika Serikat, Jumat (14/4/2023). Bagnaia memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 4-6 Agustus. (AFP/MIRCO LAZZARI GP)
Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, saat tampil dalam rangkaian MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Amerika Serikat, Jumat (14/4/2023). Bagnaia memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 4-6 Agustus. (AFP/MIRCO LAZZARI GP) ( KOMPAS.COM)

Hasil MotoGP Austria 2023, Bagnaia Berhasil Sempurna di Red Bull Ring

20 Agustus 2023 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pebalap Ducati Francesco Bagnaia menjadi juara di MotoGP Austria yang digelar di Red Bull Ring, Minggu (20/8/2023). Kemenangan ini menyempurnakan hasil Bagnaia yang sebelumnya sudah menang di Sprint Race, Sabtu lalu.

Posisi kedua ditempati oleh pebalap KTM Brad Binder, yang berjarak sekitar 5 detik dengan Pecco Bagnaia. Sedangkan pebalap Mooney VR46 Marco Bezzecchi ada di posisi ketiga.

Posisi keempat ada rekan Bezzecchi, Luca Marini, yang bisa memaksa rider Gresini Ducati, Alex Marquez harus puas di posisi kelima.

Balapan MotoGP Austria bergulir dengan cuaca cukup cerah. Tercatat, sirkuit yang terletak Spielberg, Austria tersebut sudah menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2016.

Pada dua tahun pertama pandemi Covid-19, Red Bull Ring bahkan menggelar dua balapan sekaligus, yaitu seri Austria dan Styria.

Bisa dibilang Red Bull Ring adalah sirkuit kecepatan tinggi buat motor MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang 4,348 km dengan total 11 tikungan, yang menjadi sirkuit dengan jumlah tikungan paling sedikit.

Sebagai informasi tambahan, nama pertama sirkuit yang dibangug 1969 itu adalah Osterreichring alias sirkuit Austria atau dikenal dengan A1 Ring.

Sirkuit ini mengalami perombakan di 1996 dan 2011 kemudian berganti nama menjadi Red Bull Ring. Nama ini dipakai karena mendapat dukungan penuh dari produsen minuman energi asal Austria, Red Bull.

Menariknya, nama Red Bull Ring itu juga diperkuat dengan berdirinya patung Banteng Merah atau Red Bull di tengah-tengah sirkuit.

Selain itu, nama sirkuit MotoGP biasanya didominasi nama-nama pebalap legendaris atau lokasi di mana sirkuit itu berada. Tapi di Austria, sirkuit MotoGP justru mengambil julukan dari nama binatang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm