Ilustrasi ekspor mobil.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Ilustrasi ekspor mobil.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Negara Bumi Selatan Jadi Pasar Potensial Untuk Ekspor Mobil Indonesia

22 Agustus 2023 17:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak hanya mendorong produksi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meningkatkan ekspor mobil ke negara lain.

Menko Airlangga mendorong Gaikindo untuk terus menggenjot peningkatan ekspor sehingga bisa menyentuh angka 500.000 unit tahun ini. Alasannya angka itu cukup realistis melihat capaian ekspor mobil tahun lalu.

"Kalau tahun lalu ekspornya 470.000 (unit) maka tahun ini targetnya 500.000 (unit) kan sebetulnya targetnya kecil dari 470.000 ke 500.000 cuma bertambah 30.000 (unit) jadi itu kecil," kata Airlangga saat membuka GIIAS 2023, belum lama ini.

Bob Azam, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), merek mobil anggota Gaikindo mengatakan, ekspor bisa ditingkatkan asal daya saing produk bisa dikembangkan.

"Thailand itu (produksi mobil) 1,8 juta (unit) kita (Indonesia) 1,4 juta unit, cuma Thailand dari 1,8 juta unit itu satu jutanya ekspor, 800.000-nya domestik. Kita 1,1 juta unit domestik, ekpornya 300.000 unit," ujar Bob di ICE BSD City, Tangerang, pekan lalu.

"Jadi wajar kalau mau mendorong (ekspor), dua kali lipat sebetulnya tetapi itu bisa dicapai melalui daya saing produk kita," katanya.

Bob mengatakan, dilihat dari kesamaan pola konsumen, Indonesia memiliki potensi ekspor di negara-negara belahan bumi selatan.

"Indonesia punya pasar di belahan selatan yang konsumennya mirip dengan Indonesia, Amerika Selatan, Asia Tenggara, kemudian juga Afrika di bagian selatan, jadi itu potensi pasar yang besar di Indonesia," ujar Bob.

"Nah kemudian negara-negara tersebut juga sedang dealing dengan penurunan emisi, jadi produk-produk kita kalau misalkan dia berkembang terus bisa memproduksi kendaraan yang lebih rendah, menurut saya peluang kita (besar)," kata dia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total ekspor mobil dari Tanah Air (completely built-up/CBU) pada Januari-Juni 2023 telah mencapai 248.004 unit.

Selain itu, dari jumlah itu, Toyota Indonesia menyumbangkan 56,2 persen dengan jumlah 139.581 unit yang termasuk di dalamnya Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid.

Adapun saat ini beberapa pasar utama ekspor kendaraan bermerek Toyota, antara lain ke Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin, Oceania, dan Australia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Negara Bumi Selatan Jadi Pasar Potensial Ekspor Mobil Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/22/100200415/negara-bumi-selatan-jadi-pasar-potensial-ekspor-mobil-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm