Untuk mengurangi pahit kopi, Anda bisa menggunakan sejumput garam.(Unsplash/Michael c A3K6lK)
Untuk mengurangi pahit kopi, Anda bisa menggunakan sejumput garam.(Unsplash/Michael c A3K6lK) ( KOMPAS.COM)

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein?

24 Agustus 2023 19:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kopi dan teh adalah sumber kafein yang populer di dunia dan banyak dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Diketahui, kafein dikenal sebagai stimulan yang dapat membantu seseorang agar tetap waspada dan fokus.

Untuk alasan ini, kafein banyak dikutsertakan dalam berbagai aktivitas seperti saat bangun tidur, berangkat kerja, hingga bersantai di sore hari.

Kendati demikian, tahukah Anda bahwa konsumsi kafein berlebih dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh?

Dilansir dari Kompas.com (3/8/2023), konsumsi kafein yang berlebihan dalam sehari dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, kecemasan, kesulitan tidur, dan nyeri dada.

Batas konsumsi kafein dalam sehari

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menetapkan batas konsumsi kafein sebanyak 400 mg atau setara dengan 4-5 cangkir kopi per hari untuk orang dewasa.

Sementara itu, American Academy of Pediatrics membatasi asupan kafein bagi remaja (usia 12-18 tahun) sebanyak 100 mg per hari.

Kendati demikian, jumlah kafein dapat bervariasi tergantung pada minumannya.

Untuk 250 ml kopi akan mengandung 70-140 mg kafein, sedangkan secangkir teh dengan ukuran yang sama mungkin akan mengandung 22-40 mg kafein.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm