Lempah kuning ikan khas Bangka ala Instagram @my.foodplace.
Lempah kuning ikan khas Bangka ala Instagram @my.foodplace. ( KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)

Asam Manis Segar Jadi Satu, Berikut Resep Lempah Kuning Khas Bangka

26 Agustus 2023 17:17 WIB

SonoraBangka.id - Sedang merindukan masakan kampung halaman? Jika kamu berasal dari Pulau Bangka, tidak ada salahnya untuk hari ini memasak lempah kuning.  Olahan dari ikan kembung untuk empat porsi makan ini memiliki cita rasa asam, manis, pedas dan segar yang berpadu dalam satu porsi.

Ada penggunaan bahan seperti potongan nanas dan mentimun yang membuat rasanya semakin segar. Hidangkan dengan satu porsi nasi putih agar lebih mengenyangkan. Masak bumbu sampai bau langunya hilang, kemudian masukkan ikan kembung. Ikan dimasak hanya sampai dagingnya matang. Selengkapnya, simak resep lempah kuning dari buku "Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram" (2018) oleh @Xander's Kitchen terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep lempah kuning khas Bangka

Bahan (4 porsi)

500 gram ikan kembung

1 buah nanas matang, potong

1 buah timun, potong

Air secukupnya

Garam dan gula pasir

Bumbu halus

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm