Layanan uji emisi bagi kendaraan plat merah di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/XENA OLIVIA)
Layanan uji emisi bagi kendaraan plat merah di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/XENA OLIVIA) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Faktor yang Mempengaruhi Emisi Kendaraan Bermotor

26 Agustus 2023 18:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setiap kendaraan bermotor yang menggunakan mesin berbahan bakar minyak maka akan menghasilkan gas buang ketika bekerja.

Kandungan gas buang yang keluar dari knalpot ini disebut emisi karena menjadi zat polutan yang mengotori udara.

Setiap kendaraan akan menghasilkan tingkat emisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu pemerintah melakukan razia uji emisi, harapannya dapat menekan polusi udara akibat asap knalpot kendaraan.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, setiap mobil akan menghasilkan emisi yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh beberapa hal.

“Emisi yang dihasilkan pada tiap-tiap kendaraan akan berbeda, tergantung tahun produksi serta teknologi yang disematkan pada mobil tersebut,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (25/8/2023).

Hardi mengatakan, semakin ke sini, mobil-mobil dituntut memiliki standar emisi yang baik sehingga umumnya mobil modern dibekali teknologi lebih baik.

Menurut Hardi, kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi tidak akan sama dengan karburasi hal itu juga berkaitan dengan emisi yang dihasilkan.

“Maka dari itu perlu dibedakan standar emisinya, karena memang kemampuan tiap mesin akan berbeda-beda sesuai teknologi bawaan pabrik, belum lagi soal catalytic converter, dan fitur sejenisnya” ucap Hardi.

Selain teknologi bawaan pabrik, Hardi juga mengatakan emisi kendaraan dipengaruhi oleh usia kendaraan. Karena umumnya mobil yang sudah memiliki jam operasional panjang akan mengalami penurunan kemampuan.

“Misal terjadi ring piston mulai aus, seal-sealnya mulai keras, maka mau tidak mau ada penurunan performa meski servis rutin dilakukan, maka dari itu perlu dilakukan peremajaan komponen mesin bila sudah ada gejalanya,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm