Ilustrasi tanaman terong dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang.(Shutterstock/Esin Deniz)
Ilustrasi tanaman terong dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang.(Shutterstock/Esin Deniz) ( KOMPAS.COM)

4 Efek Samping Terong yang Jarang Untuk Diketahui, Apa Saja?

26 Agustus 2023 19:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Terong merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral baik bagi tubuh.

Dilansir dari Healthline, serat dalam terong dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula.

Bahan pangan yang populer dengan warna ungu ini juga mengandung antioksidan tinggi, zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan manfaat antioksidan untuk mencegah berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Bukan hanya itu, manfaat sayuran dari kelompok nightshade ini pun termasuk rendah kalori, sehingga sangat bagus dikonsumsi di tengah program penurunan berat badan.

Kaya akan manfaat, adakah efek samping terong bagi kesehatan?

Efek samping terong

Dikenal luas sebagai sayuran, terong secara teknis masuk dalam kelompok buah-buahan, tepatnya buah beri karena berasal dari satu bunga.

Tapi, rasa yang cenderung tidak asam maupun manis seperti buah membuat dunia kuliner mengategorikan terong sebagai sayuran.

Banyaknya manfaat pada sayuran ini pun kerap kali mengaburkan efek samping yang dapat timbul.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm