MPMRent bekerjasama dengan Dishub dan DLH Tangerang Selatan menggelar uji emisi gratis(Dok. MPMRent)
MPMRent bekerjasama dengan Dishub dan DLH Tangerang Selatan menggelar uji emisi gratis(Dok. MPMRent) ( KOMPAS.COM)

Ini Untuk Parameter Ukur Kendaraan buat Lolos Uji Emisi

27 Agustus 2023 18:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Polda Metro Jaya dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), mulai menerapkan uji coba tilang emisi pada Jumat (25/8/2023).

Kendaraan yang tidak lulus uji emisi akan dikenakan tilang. Besarannya, yaitu roda dua dikenakan Rp 250.000, sedangkan roda empat Rp 500.000. Mekanisme penilangan sama seperti penindakan pelanggaran lalu lintas pada umumnya.

Saksi yang diberikan, sesuai dengan Undang-Undang 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan akan dilaksanakan mulai 1 September 2023 hingga 30 November 2023.

Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Sapta Agung Nugraha, mengatakan ketika dilakukan uji emisi ada beberapa paramater dalam gas buang kendaraan yang diperiksa.

"Untuk mesin bensin ialah CO (Karbon Monoksida), CO² (Karbon Dioksida), HC (Hidrokarbon), Oksigen dan Lamda (perbandingan udara dengan bahan bakar)," ujar Sapta kepada Kompas.com, Sabtu (27/8/2023).

"Untuk mesin diesel, parameter yang diukur adalah opasitas atau kadar kepekatan gas buang pada mesin diesel," kata Sapta.

Sapta mengatakan, untuk mesin bensin hal yang membuat tidak lulus uji emisi fokus pada kadar CO dan HC sedangkan untuk mesin diesel ialah kepekatan gas buang.

"CO adalah gas beracun yang berbahaya apabila terhirup oleh manusia. Hidrokarbon adalah sisa bahan bakar yg tidak terbakar secara sempurna," katanya.

"Sedangkan untuk mesin diesel kadar opasitas gas buangnya besar, artinya asap yang dikeluarkan pekat dan kotor," ujar Sapta.

Penjelasannya, CO merupakan senyawa gas yang tidak memiliki warna dan bau. Gas CO dihasilkan dari proses pembakaran mesin, gas ini cukup berbahaya jika terhirup oleh manusia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm