Kabin mobil kijang kapsul, material jok diganti supaya lebih nyaman(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Kabin mobil kijang kapsul, material jok diganti supaya lebih nyaman(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Jaga Harga Mobil Bisa Tinggi Saat Dijual Lagi, Ganti Pelapis Jok

27 Agustus 2023 20:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain bisa mempercantik tampilan kabin, ternyata mengganti bahan jok juga bisa membuat harga mobil tetap stabil dan tidak terlalu jatuh saat hendak dijual kembali.

Hal ini adalah trik umum yang belum banyak diketahui orang, dan manfaatnya juga cukup terasa. Biaya yang harus dikeluarkan untuk ganti bahan jok juga terbilang cukup rendah.

Muhammad Muhlas, pemilik bengkel spesialis jok mobil Surya Kencana Motor Bitung menjelaskan, tidak sedikit pelanggannya yang menerapkan tips ini.

Tujuannya dua, yakni supaya mobil tampak lebih keren, dan bahan jok asli bawaan pabrik bisa disimpan dalam kondisi baik.

“Jok asli bawaan pabrik biasanya bahan kain (fabric), itu disimpan sama konsumen kemudian diganti bahan lain seperti kulit sintetis. Nanti semisal mobil mau dijual, barulah bahan aslinya dipasang lagi,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Untuk biaya penggantian bahan jok sendiri, Muhlas mematok harga mulai dari Rp 750.000 untuk model sarung dengan bahan kulit sintetis.

Menurut Muhlas, langkah ini dinilai sangat efektif untuk menjaga nilai jual mobil. Karena jok bahan kain dinilai lebih mudah kotor dan bisa menyimpan noda.

Hal ini juga diakui oleh beberapa pelanggan tetapnya seperti Suwandi, Karyawan Swasta asal Serang.

Dia membawa langsung Honda Brio RS lansiran 2023 miliknya ke bengkel Muhlas untuk mengganti material jok, selang beberapa hari setelah dia membeli city car itu.

“Cepet-cepet ganti (bahan jok) supaya yang asli bisa disimpan. Jadinya kalau tahun-tahun besok mau saya jual (mobilnya), tinggal dipasang ulang,” ujarnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm