Proses pembersihan mika lampu mobil yang berubah warna menjadi kuning(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Proses pembersihan mika lampu mobil yang berubah warna menjadi kuning(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Pasta Gigi Bisa Membuat Lampu Mobil Kembali Kinclong?

28 Agustus 2023 17:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Persoalan lampu mobil yang berubah warna menjadi kuning dan kusam kerap menyulitkan beberapa pengguna, karena secara estetika, tampilannya jadi jauh menurun dan terlihat jorok.

Kendala ini umumnya dijumpai pada mobil-mobil tahun tua, penyebabnya tentu karena faktor usia, paparan cuaca, dan timbulnya jamur di permukaan pelindung lampu.

Ada beberapa mitos perawatan yang konon katanya mampu membuat lampu kembali kinclong, salah satunya dengan memakai pasta gigi rumahan.

Kandungan detergen dan flouride pada pasta gigi diklaim mampu membersihkan lampu yang menguning, tetapi benarkah demikian?

Dimas Faturrahman, Pemilik Bengkel Spesialis Autolamp dan Body Repair Dimas Motor, membantah isu tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan contoh satu perawatan yang keliru.

“Bisa sih hilang, mungkin kalau menggosoknya selama satu bulan penuh,” katanya, sambil bercanda kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Dia mengaku sempat mencoba membuktikan tips tersebut. Hasilnya, tidak ada perubahan warna dan hasilnya nihil, lampu mobil tetap kuning.

“Saya sudah pakai sikat poles juga yang dikasih odol, dipoles (selama) satu jam, enggak ada bedanya,” kata dia.

Menurutnya, penanganan lampu mobil yang kusam adalah dengan beberapa prosedur khusus, mulai dari diamplas, disikat, dan dipoles, kemudian diberi lapisan coating.

“Biang keroknya warna kusam itu jamur, jadi harus diamplas dulu pakai ukuran 1.500 sampai 2.000, baru dibersihkan dan dikasih coating,” kata dia.

Pelayanan untuk mengatasi lampu mobil kuning juga cukup terjangkau dan bisa dilakukan di bengkel spesialis lampu atau body repair.

Dimas menambahkan, bengkelnya mematok harga antara Rp 300.000 sampai Rp 500.000 untuk sepasang lampu. Prosesnya juga terbilang cepat, berkisar 1 jam sampai 2 jam saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Pasta Gigi Bisa Bikin Lampu Mobil Kembali Kinclong?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/28/081200115/mitos-atau-fakta-pasta-gigi-bisa-bikin-lampu-mobil-kembali-kinclong.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm