Layanan uji emisi bagi kendaraan plat merah di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/XENA OLIVIA)
Layanan uji emisi bagi kendaraan plat merah di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/XENA OLIVIA) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta Perawatan Mesin Dilakukan Rutin Bisa Bikin Lolos Uji Emisi?

28 Agustus 2023 17:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Uji emisi menjadi perhatian masyarakat kembali setelah pemerintah DKI Jakarta melakukan uji coba razia uji emisi di beberapa titik.

Mulai 1 September 2023 nanti, tilang juga akan diberlakukan kepada kendaraan yang tidak lolos uji emisi agar semakin banyak masyarakat peduli terhadap kualitas udara di wilayah tersebut.

Banyak informasi beredar bahwa emisi kendaraan akan menurun bila kendaraan rutin melakukan servis. Lantas, apakah hal itu benar adanya?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan lolos atau tidaknya suatu kendaraan terhadap uji emisi tergantung dari performa dan standar kelulusannya.

“Standar kelulusan uji emisi menentukan, namun itu seharusnya sudah diperhitungkan dengan baik oleh pemerintah, selanjutnya pengguna yang harus menjaga performa kendaraannya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (26/8/2023).

Hardi mengatakan memang berkat performa baik, pembakaran sempurna maka emisi gas buang seharusnya semakin rendah.

Hanya saja ada perbedaan standar seharusnya untuk mobil dengan sistem karburasi dan injeksi, karena keduanya memang punya kemampuan berbeda sejak dibuat dari pabrik.

Kepala Bengkel Nasmoco Bantul, Nyoman, mengatakan, kendaraan yang rutin melakukan servis memang lebih berpeluang lolos uji emisi.

“Dengan servis rutin maka performa kendaraan selalu dalam pantauan, bila ada masalah maka akan direkomendasikan untuk diganti sehingga seharusnya emisi lebih rendah, berbeda dengan mobil jarang melakukan servis,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Jumat (26/8/2023).

Technical Leader Nasmoco Demak, Eko Sulistyo mengatakan setiap melakukan servis di Nasmoco kendaraan akan selalu diuji emisi.

“Uji emisi menjadi bagian dari paket servis rutin, sehingga setiap kendaraan yang keluar dari Nasmoco setelah servis dipastikan memiliki emisi yang baik,” ucap Eko kepada Kompas.com, Sabtu (27/8/2023).

Jadi, kendaraan memang akan cenderung bisa lolos uji emisi bila melakukan perawatan rutin selama standar kelulusannya sesuai dengan kemampuan dari bawaan pabrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta Perawatan Mesin Rutin Bisa Bikin Lolos Uji Emisi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/28/110200915/mitos-atau-fakta-perawatan-mesin-rutin-bisa-bikin-lolos-uji-emisi-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm