Ilustrasi sambal tongkol suwir dengan irisan cabai rawit yang menambah rasa pedas.
Ilustrasi sambal tongkol suwir dengan irisan cabai rawit yang menambah rasa pedas. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Chairunnisa Chairunnisa)

untuk Lauk Makan Nasi Putih, Berikut Resep Sambal Tongkol Suwir Pedas

29 Agustus 2023 18:37 WIB

SonoraBangka.id - Tongkol banyak dijual dalam keadaan mentah atau sudah diolah dengan cara diasapi. Kamu bisa membuat sambal tongkol suwir untuk lauk makan nasi putih.  Kamu bisa menghaluskan bumbu yang sudah disiapkan atau cukup mengiris bahan untuk bumbu. Selain itu, ada penggunaan minyak kelapa untuk menumis bumbu yang bisa cita rasa sambal semakin nikmat. Selengkapnya, simak resep sambal tongkol cabai iris dari buku "Yuk Makan Ikan - Sedapnya Sambal Ikan" (2013) oleh Dapur Alma terbitan Gramedia Pustaka Utama, bikin untuk 5 porsi makan. 

Resep sambal tongkol suwir pedas

Bahan

1 ekor tongkol, bersihkan, kukus, buang tulangnya, suwir dagingnya

2 sdm minyak goreng untuk menumis

2 batang serai, memarkan

2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus

5 buah bawang merah

2 siung bawang putih

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm